Antibiotik digunakan untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradnagan agar tidak semakin parah dan mempermudah nanah untuk melunak agar dapat dikeluarkan tanpa rasa sakit menggunakan penekanan dengan kapas. Antibiotik yang biasa dianjurkan dokter adalah jenis asam mefenamat, Paracetamol, Ibuprofen.
Krim gentamicin dan klindamicin
Memakai olesan krim topikal khusus untuk penyembuhan cantengan yang telah bernanah dan mengiurangi efek poanas akibat cantengan yang tidak kunjung sembuh. Krim yang dimaksud adalah krim cantengan yang didalamnya mengandung senyawa aktif gentamisin dan klindamisin. Selengkapnya baca Cara Mengobati Cantengan
Krim nail
Terbuat dari jintan hitam, minyak cengkih dan zaitun yang dikelaborasikan dengan zat kimia tertentu guna mempercepat penyembuhan cantengan. Krim nail dapat dioleskan dua hari sekali pagio dan sore setelah mandi dan dapat dipakai anak dan dewasa.
Pemicu cantengan menjadi tidak mudah sembuh
1. Menusuk nanah sembarangan dengan menggunakan alat yang tidak steril atau tidak memenuhi syarat kesehatan secara medis misalnya pemakaian ujung jarum jahit, Peniti, Lidi dan sebagainya.
2. Memencet paksa nanah agar cepat keluar yag sebenarnya menyebabkan peradangan yang telah ada semakin parah sehingga cantengan bukan hanya bisa membesar kembali tapi juga akan muncul nanah baru.