Announcement

Collapse
No announcement yet.

Jual Beli Ijazah Palsu, Puluhan Laman Kampus Bodong Ditutup

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Jual Beli Ijazah Palsu, Puluhan Laman Kampus Bodong Ditutup



    Lebih dari 40 laman palsu telah ditutup sebagai upaya penumpasan jual beli gelar di perguruan tinggi. Laman yang ditutup tersebut menjadi tempat untuk menjual ijazah dengan menggunakan sejumlah nama universitas di Inggris.
    Tak hanya itu, terdapat pula laman palsu yang menawarkan program pembelajaran jarak jauh, namun kenyataannya gelar yang diberikan tidak valid di institusi pendidikan Inggris. Lembaga yang menangani masalah ini, yakni Higher Education Degree Datacheck (Hedd) melaporkan, sejauh ini terdapat lebih dari 90 institusi palsu yang harus ditangani.
    Berdasarkan hasil investigasi BBC South East, ditemukan bahwa ijazah palsu University of Kent dijual secara online di China dengan harga 500 poundsterling. Direktur Layanan Pendidikan Hedd, Jayne Rowley menjelaskan, September lalu menjadi bulan tersibuk lantaran pihaknya harus menutup empat laman kampus palsu dan tiga laman kampus yang menjual ijazah palsu di berbagai universitas di Inggris.
    "Salah satu lembaga yang kami tutup pada September kemarin adalah Stafford University. Tentu saja Universitas Staffordshire keberadaannya asli sehingga kampus tersebut hanya membonceng nama," tuturnya dikutip dari BBC, Senin (9/1/2017).
    Rowley mengungkapkan, ada beberapa laman kampus palsu yang benar-benar berani menggunakan nama kampus yang asli. Bahkan, ditemukan pula gelar palsu dari University of Manchester yang dijual di situs lelang eBay.
    "Hedd telah mengambil tindakan terhadap pelanggaran, baik di Inggris atau di luar negeri. Di bawah hukum Inggris, suatu institusi tak boleh menyebut dirinya universitas tanpa perintah dari Sekretaris Negara," terangnya.
    Hedd, kata Rowley, kini telah meminta para lulusan untuk tidak memotret ijazah asli mereka karena secara tidak sengaja hal tersebut turut membantu penipu melancarkan aksinya. Sedangkan juru bicara dari Departemen Pendidikan menambahkan, akan menindak tegas para pelaku yang terlbat dalam penipuan gelar di universitas.

    Source: Okezone Kampus



    //
    Buku Sekolah Digital atau BSD persembahan dari Mahoni.com untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Tersedia dalam 3 platform; ios, android dan windows dan dapat didownload secara GRATIS melalui Smartphone dan PC Anda. Tersedia +2000 buku SD, SMP, SMA/SMK untuk pelajar dan pengajar. Info lebih lanjut www.bsd.pendidikan.id atau 021-5494049 atau email ke sales@mahoni.com
Working...
X