Announcement

Collapse
No announcement yet.

Keamanan Cyber Jadi Fokus Utama di 2017

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Keamanan Cyber Jadi Fokus Utama di 2017



    Akhir 2016 ditandai dengan naiknya pengguna internet Indonesia secara signifikan.
    Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat ada lebih dari 132 juta pengguna internet di tanah air. Jumlah ini naik lebih dari 50 persen sejak 2015.
    Pakar keamanan cyber Pratama Persadha mengatakan, naiknya pengguna disebabkan kian luasnya cakupan internet yang diikuti semakin terjangkaunya harga smartphone.
    Gawai satu ini memang menjadi alat utama dari interaksi dan komunikasi netizen tanah air, khususnya lewat media sosial dan aplikasi pesan singkat.
    Naiknya pemakai internet dengan drastis ini ternyata juga diikuti dengan beberapa peristiwa yang berkait langsung dengan keamanan di dunia maya.
    Selama 2016 misalnya, kata dia, ada masalah pada aplikasi GoJek, sehinga beberapa kali ada peristiwa hilangnya saldo GoPay pengguna. Belum lagi Yahoo yang diretas dan 1 miliar akun penggunanya terekspos oleh pihak ketiga.
    Pratama melihat semangat SDM lokal dalam menghasilkan aplikasi dan layanan internet memang cukup besar. Namun perlu diperkuat dengan kesadaran untuk membangun sistem yang aman pula.
    “Tentu tahun 2016 adalah tahun pembelajaran. Aplikasi dan layanan internet lokal harus membuktikan bahwa keamanan juga menjadi perhatian serius. Karena itu tahun 2017 fokus pada keamanan cyber akan meningkat tajam di semua sektor, terutama perbankan yang mulai mengakrabi fintech,” jelasnya, Sabtu (31/12).

    Source: http://www.jpnn.com/news/keamanan-cy...-utama-di-2017


Working...
X