Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pentingnya Active Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pentingnya Active Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21



    USAID Prioritas terus melakukan upaya pengembangan sistem pembelajaran aktif (active learning) ke berbagai lembaga pendidikan pada beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara, guna tercipta lulusan yang berkualitas.
    "Active Learning adalah pembelajaran berkelas dunia, kita terus berupaya agar sistem itu dapat diadopsi oleh semua lembaga pendidikan. Minggu lalu kami memfasilitasi pelatihan active learning bagi guru-guru Parmalim di Porsea," kata Juru Bicara USAID Prioritas Erix Hutasoit di Medan, Kamis (29/12/2016).

    Ia mengatakan active learning merupakan model pembelajaran abad 21 yang sangat bermanfaat untuk menggali potensi dan kecerdasan peserta didik secara lebih maksimal dan siswa agar belajar menjadi lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
    "Sebagai orangtua dan anggota masyarakat tentu kita punya tanggung jawab untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak kita. Tanggung jawab ini juga berlaku kepada siapa saja, itulah salah satu yang kita lakukan termasuk juga kepada penganut Parmalin," katanya.
    Sebelumnya Koordinator Daerah USAID Prioritas Toba Samosir Anwar Situmorang mengatakan pihaknya telah memberikan pelatihan kepada 53 orang guru Parmalim dari tingkat SD, SMP dan SMA agar mampu menerapkan pembelajaran aktif (active learning).
    Punguan Parmalim merupakan aliran kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tersebar di sekitar Danau Toba.
    Sejak tahun 1937 Punguan Parmalim telah aktif mendidik generasi muda batak penganut kepercayaan Parmalim, bahkan mereka memiliki kelompok belajar yang tersebar pada beberapa kecamatan di Tobasa.
    "Pelatihan itu kami tujukan kepada guru-guru yang khusus mendidik anak-anak Parmalim melalui kelompok belajar. Guru menjadi kunci keberhasilan belajar anak. Semakin baik keterampilan guru mengajar, semakin baik pula mutu pembelajaran yang diberikan," katanya.

    Source: Okezone Kampus


    //
    Buku Sekolah Digital atau BSD persembahan dari Mahoni.com untuk peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Tersedia dalam 3 platform; ios, android dan windows dan dapat didownload secara GRATIS melalui Smartphone dan PC Anda. Tersedia +2000 buku SD, SMP, SMA/SMK untuk pelajar dan pengajar. Info lebih lanjut www.bsd.pendidikan.id atau 021-5494049 atau email ke sales@mahoni.com
Working...
X