Announcement

Collapse
No announcement yet.

Besaran Pokok dan Satuan yang Sesuai

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Besaran Pokok dan Satuan yang Sesuai

    http://www.matrapendidikan.com/2015/06/besaran-pokok-dan-satuan-yang-sesuai.html

    Besaran pokok dan satuan yang sesuai - Fisika sering dianggap sulit oleh sebagian siswa. Salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang besaran dan satuan dalam pengukuran. Misalnya, kilometer dan meter dimana keduanya adalah satuan dari besaran panjang. Namun dalam soal fisika hanya dipakai satuan meter, bukan kilometer. Satuan meter dipakai sebagai satuan internasional (SI).

    Besaran dan satuan merupakan konsep pelajaran IPA Fisika yang penting dikuasai dengan baik oleh siswa. Bagaimana mungkin siswa dapat memahami materi fisika tanpa dilandasi pengetahuan tentang besaran dan satuan. Oleh sebab itu pada kesempatan ini akan dikemukakan contoh soal mengenai besaran pokok dan satuannya.


    Berdasarkan hasil pengalaman terhadap ujian di sekolah dan Ujian Nasional beberapa tahun belakangan, soal-soal yang mirip seperti ini sering muncul pada setiap kali UN mata pelajaran IPA. Hanya saja, model redaksi kalimat soal yang berbeda-beda. Dengan alasan ini kiranya dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang besaran dan satuan harus dimiliki oleh setiap siswa.

    Perhatikan tabel berikut ini!
    No
    Besaran
    Satuan
    1
    2
    3
    4
    panjang
    kecepatan
    kuat arus
    waktu
    meter
    meter per sekon
    mili ampere
    sekon


    Besaran pokok dan satuan yang benar, ditunjukan oleh nomor ….

    A. 1 dan 2

    B. 2 dan 3

    C. 3 dan 4

    D. 1 dan 4




    Pembahasan:

    Dalam fisika di kenal 7 besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, suhu, jumlah zat. Satuan dari ketujuh besaran pokok tersebut menurut sistem internasional (SI) berturut-turut adalah: meter, kilogram, sekon, ampere, kandela, Kelvin, dan mol. Nah, jika disusun secara benar semua besaran dan satuannya ke dalam tabel akan menjadi:

    No
    Besaran
    Satuan
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    Panjang
    Massa
    Waktu
    Kuat arus
    Intensitas cahaya
    suhu
    Jumlah zat
    meter
    kilogram
    sekon
    ampere
    kandela
    kelvin
    mol
    Pada pilihan ganda di atas, maka kunci jawaban yang sesuai adalah D (1 dan 4). Besaran panjang satuannya meter, besaran waktu satuannya sekon (detik).

    Semoga pembahasan soal dan cara mengerjakannya ini dapat dipelajari oleh siswa dengan baik.



  • #2
    sangat bagus sekali latihan soal ini bisa membantu siswa dalam belajar
    Toko Senter untuk alat penerangan dalam berbagai situasi. Anda dapat menemukan berbagai ragam senter seperti senter sepeda, senter diving, senter laser, senter swat asli, senter kepala, lampu senter jarak jauh, dan jenis senter dengan lampu led.

    Comment

    Working...
    X