Announcement

Collapse
No announcement yet.

10 Hal yang Seharusnya Jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 10 Hal yang Seharusnya Jadi Mata Pelajaran di Sekolah

    Saat ini, semua serba ‘lebih cepat’ serta ‘lebih awal’. Anak- anak saat ini melek entrepreneurship lebih awal, anak- anak saat ini melek masalah finansial serta kepemilikan lebih cepat, serta tuntutan kondisi industri kreatif buat mereka mesti memahami rencana kreatifitas, serta miliki kekuatan praktikal yang lebih adaptif dari pada generasi sebelumnya mereka.

    Karenanya, di mata saya, sekolah di masa ini harusnya bukanlah sekali lagi keasyikan memusatkan diri dalam membuat pelajar dengan buku rapor yang bagus nan kinclong dalam soal nilai semata, namun semestinya menolong siswa serta mahasiswanya menyiapkan diri untuk hadapi hidup. Menolong mereka dengan mengajarkan Real- life skills!

    Ada 10 hal yang menurut saya semestinya di ajarkan di sekolah, universitas, serta institusi pendidikan yang lain, untuk menolong mereka menyiapkan diri hadapi hidup lebih awal!

    1. Mata Pelajaran : Rencana Studi serta Profesi
    Seperti yang saya berikan minggu lantas di artikel “Salah Jurusan”, minimnya pikiran serta kesadaran berprofesi, saat ini mulai jadi problem serius. Karenanya, semua institusi pendidikan semestinya mengajarkan masalah pilihan profesi, serta mengajarkan bagaimana si pelajar dapat menyiapkan diri untuk jalur- jalur profesi yang ada.

    2. Mata Pelajaran : Pengetahuan Finansial
    Orangtua kita yang baik hati sering tidak ingin kita ketahui mengenai sulitnya mencari serta mengelola uang. Alur fikir ini menurut saya mesti dirubah! Perkenalkan anak serta pelajar sedini mungkin saja dengan rencana finansial, supaya mereka tidak kaget nanti. Sampaikan lewat mata pelajaran ini mengenai dunia finansial, rencana credit bank, rencana bunga, serta bagaimana caranya mengelola keuangan dengan bijak.

    3. Mata Pelajaran : Beli Barang serta Kepemilikan
    Problem konsumerisme tidak cuma salah media, iklan, serta industri, namun juga doa sholat dhuha salah kita yang melepas anak ke dunia ‘barang- barang serta brand keren’ tanpa ada mempunyai modal pemahaman kepemilikan serta pengetahuan pembelian barang. Sampaikan mereka mengenai rencana ‘brand/merek’, rencana kwalitas product, serta langkah beli barang elegan seperti gadget, mobil, atau bahkan juga property.

    4. Mata Pelajaran : Alur Fikir serta Praktik Entrepreneurship
    Sampaikan sedini mungkin saja rencana, alur fikir, serta bahkan juga lewat permainan di kelas atau pekerjaan project bulanan, praktik entrepreneurship. Perkenalkan pada mereka pilihan profesi yang ada terkecuali kerja di kantor, serta bagaimana alur fikir dalam menjalankannya. Bagaimana mulai, mengelola, meningkatkan, serta membuat product untuk usaha.

    5. Mata Pelajaran : People Skills
    Satu diantara kunci berhasil hidup yaitu relationship. Jadi, people skills, yaitu satu diantara pengetahuan yang perlu dikuasai oleh kebanyakan orang dalam kehidupannya. Sampaikan di kelas lewat pelajaran resmi, rencana membuat rekanan, membuat komune, serta bekerja bersama dengan orang yang lain dengan empati.

    6. Mata Pelajaran : Kreatifitas serta Sistem Berkarya
    Di masa kreatif serta digital ini, untuk jadi passionpreneurs, tiap-tiap orang mesti dapat berkreasi serta berkarya. Sampaikan di kelas mengenai rencana kreatif, sistem berkarya, serta perkenalkan masalah rencana hak cipta serta Hak Kekayaan Intelektual Internasional, supaya dapat membuat product serta karya baru, bagaimana meluncurkan karya baru untuk tujuan audience, sembari menghormati karya orang yang lain.

    7. Mata Pelajaran : Public Speaking
    Kekuatan bicara dimuka umum juga akan senantiasa dihadapi tiap-tiap orang dalam kehidupannya. Waktu mahasiswa dia juga akan presentasi, waktu diinterview untuk bekerja, waktu mempresentasikan inspirasi, sampai waktu coba memperoleh project di kantor client. Sampaikan mereka bagaimana berlaku di panggung, intonasi, penguasaan tata kata, pandangan mata, serta mengemukakan info efisien.

    8. Mata Pelajaran : Leadership serta Pengambilan Keputusan
    Sampaikan siswa serta mahasiswa kekuatan kepemimpinan jadi modal untuk bekerja serta berkarya tambah baik sekali lagi. Di mata pelajaran ini, siswa atau mahasiswa juga akan belajar bagaimana mengelola tim, memimpin tim, serta membuat mental pemimpin serta pengambilan ketentuan.

    9. Mata Pelajaran : Kekuatan Memecahkan Problem
    Berkali- kali saya berjumpa dengan siswa serta mahasiswa, bahkan juga yang mendekati ucapan tahun baru lulus serta wisuda, yang masih tetap mempunyai mental ‘terserah bapak’. Mereka masih tetap mengharapkan ada yang menolong mereka mengatasi problem itu. Kondisi ini dapat dikerjakan dengan mengajarkan langkah lihat problem, membedakan kondisi, serta merampungkan problem dan perseteruan dengan efektif.

    10. Mata Pelajaran : Perencaan serta Perolehan Maksud
    Last but not least, satu diantara yang membedakan keberhasilan serta kegagalan seiringkali yaitu kehadiran goal/maksud, serta kekuatan buat gagasan yang solid untuk meraihnya. Lewat mata pelajaran ini, siswa serta mahasiswa juga akan di ajarkan bagaimana buat maksud yang SMART, yang akurat, yang berarti dan feasible, serta bagaimana membuat gagasan step untuk step, bagaimana memastikan milestones, untuk dapat meraihnya.

    Tersebut 10 hal yang menurut saya semestinya telah waktunya dimasukkan kedalam kurikulum jadi mata pelajaran resmi sekolah atau universitas.

    Bagaimana menurut Anda? Apa hal yang menurut Anda juga semestinya di ajarkan di sekolah serta institusi pendidikan yang lain untuk menyiapkan siswa serta mahasiswa siap hadapi dunia profesi?
Working...
X