Sabtu, April 20, 2024
spot_img
BerandaTips-tips Pendidikan7 Kunci Sukses Ulangan Harian, Ulangan Semester dan Ujian Nasional

7 Kunci Sukses Ulangan Harian, Ulangan Semester dan Ujian Nasional

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara ulangan harian, ulangan semester ataupun ujian nasional. Prinsipnya sama, berisi soal-soal dari materi yang telah dipelajari untuk menguji seberapa paham siswa mengenai materi tersebut. Yang membuat ketiganya berbeda adalah jumlah materi yang diujikan.

uh, uts, uas, unas, ulangan harian, ujian nasional, unbk
Ilustrasi Ujian Nasional (sumber gambar: edunews.id)

Ulangan harian biasanya hanya seputar materi yang sudah dijelaskan guru selama beberapa pertemuan, terdiri dari satu hingga dua bab. Ujian semester dilaksanakan di tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS). Materi yang diujikan tentu lebih banyak dari ulangan harian, biasanya antara tiga sampai lima bab sesuai yang telah dipelajari sepanjang semester. Sedangkan ujian nasional ataupun ujian sekolah, dilaksanakan di penghujung jenjang. Isinya tentu saja semua materi yang pernah diajarkan selama siswa berada di jenjang tersebut, baik SD, SMP atau SMA.

Karena prinsipnya yang sama, maka seharusnya tidak ada lagi siswa yang takut menghadapi Ujian Sekolah ataupun Ujian Nasional. Asal persiapan yang dilakukan matang, kesuksesan ujian hanya tinggal menanti. Berikut beberapa kiat yang bisa disiapkan saat menghadapi semua jenis ujian di sekolah!

1. Pola pikir positif disertai niat untuk menggapainya

Manusia bertindak karena ada dorongan dari pikiran. Karena itu, dibutuhkan pola pikir yang benar jika ingin mencapai sesuatu. Tanamkan pola pikir sukses, dan fokuslah untuk menggapainya. Jangan pernah loyo, apalagi berpikir bahwa materi ujiannya sulit dan kalian tidak bisa. Milikilah pola pikir yang positif, percaya bahwa kalian bisa menguasai materi dan sukses saat ujian. Pola pikir ini yang akan mendorong kalian untuk bertindak, yakni mencari cara apa saja untuk mempelajari materi. Entah dengan bertanya kepada guru, teman, orang tua, atau guru les!

2. Singkirkan hal-hal yang menghambat

Ada banyak sekali hambatan-hambatan siswa untuk belajar. Faktor utamanya adalah rasa malas. Ya, malas untuk belajar, memahami, menghafal atau bahkan hanya sekedar membaca! Akibatnya, belajar hanya jadi janji manis belaka. ā€œNanti saja, belajarnya. Sekarang mandi dulu, makan dulu, mengerjakan ini itu dulu, bermain dulu.ā€ Akhirnya, smartphone mulai berbicara. Bukannya materi belajar, tapi justru media sosial, game dan berbagai hasil searching lain yang akhirnya bergoyang-goyang di depan mata.

Tidak ada yang bisa menyingkirkan rasa malas ini selain diri sendiri. Melalui pola pikir sukses yang kuat, kalian seharusnya mampu melawan kemalasan. Beranjaklah dari zona nyaman, dan mulai belajar dari materi yang paling mudah. Abaikan dulu media sosial, game, janjian untuk hang out atau keperluan-keperluan lain yang tak begitu penting.

3. Manajemen waktu yang tepat

Tidak ada orang yang tidak sibuk. Apalagi jika kalian adalah siswa yang juga aktif di organisasi. Coba gunakanlah skala prioritas. Jika memang ada keperluan-keperluan yang harus diselesaikan, maka belajarlah lebih dulu sebelum capek dan mengantuk. Tapi manajemen waktu yang ideal adalah dengan memiliki waktu belajar yang rutin dan berkala, bukan hanya saat menjelang ujian. Sediakan waktu belajar rutin setiap hari untuk memahami kembali materi yang dipelajari tiap harinya. Memahami setiap materi akan memudahkan diri sendiri, karena saat ujian tiba kalian tinggal mengulang atau mengingat materinya lagi.

tips lulus SBMPTN, tips lulus UNBK
Aplikasi KIPIN School

4. Strategi memahami pelajaran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memahami pelajaran di luar kelas, antara lain mengikuti les, kerja kelompok atau bertanya pada orang sekitar yang lebih memahami. Namun bagaimana jika tidak mengikuti les, atau bahkan pertanyaan-pertanyaan seputar materi itu timbul saat selesai les?

Di dunia serba digital ini, kalian dapat mencari berbagai hal dengan mudah, termasuk hal-hal yang mendukung untuk belajar. Memang bagi generasi millenial, melepaskan gadget sebentar saja adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Kalau begitu, mengapa tidak dimanfaatkan saja sebagai alat untuk belajar? Gunakan aplikasi KIPIN School sebagai pemandu kalian belajar! Aplikasi KIPIN School menyediakan paket lengkap untuk belajar di antaranya buku pelajaran sekolah, video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Aplikasi KIPIN School dapat diunduh melalui PlayStore (smartphone android), WindowStore (smartphone windows) dan AppStore (smartphone iOS).

Pakailah fitur buku pelajaran sekolah menjadi sumber acuan materi sekaligus referensi. Karena setiap buku memiliki isi penjelasan yang berbeda meski dengan topik yang sama, maka sangat perlu untuk belajar dari berbagai sumber buku. Ribuan buku dalam aplikasi ini dapat diakses dan diunduh gratis tanpa biaya.

Tidak cukup hanya dari tulisan di buku-buku pelajaran, kalian juga butuh penjelasan lisan mengenai materi, bukan? Lalu apa perlu menambah jam les? Apa perlu membuang waktu untuk saling bertemu dengan teman kerja kelompok? Tutup sejenak menu buku pelajaran sekolah di gadget kalian, lalu bukalah menu video pendidikan. Video-video ini merupakan video pembelajaran, dimana materinya disampaikan oleh para guru yang berkompeten di bidangnya. Pilih saja materi yang akan dipelajari, lalu tontonlah! Tidak perlu takut lupa, karena kalian bisa menontonnya berulang kali setiap selesai diunduh.

5. Hafal pelajaran

Tidak hanya soal esai atau materi ilmu pengetahuan saja yang membutuhkan kegiatan hafalan. Materi hitungan seperti matematika, fisika atau bahasa Inggrispun juga butuh untuk dihapal, terutama rumus-rumusnya. Mungkin pemahaman tentang apa itu gaya dan bagaimana cara kerjanya akan sia-sia jika tidak hafal rumus-rumus yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah pada gaya. Sama juga dengan bahasa inggris, paham tentang susunan kalimat akan menjadi tidak berguna saat kalian tidak ingat setiap kata pada verb 1, verb 2 dan verb 3. Oleh karena itu setelah memahami, sediakan waktu pula untuk menghafal setiap materi yang akan diujikan!

latihan soal gratis, tryout SBMPTN gratis, tryout UNBK
Berlatih soal melalui Aplikasi KIPIN School.

6.Ā  Banyak-banyak berlatih soal

Memahami dan menghafal materi saja tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, jika tidak diimbangi dengan latihan. Banyak-banyaklah mengerjakan latihan soal untuk mempersiapkan diri sebelum ujian. Manfaatnya banyak. Pertama, untuk membiasakan otak berpikir lebih keras dalam mengerjakan soal-soal. Kedua, sebagai simulasi saat ujian. Jadi, biasakan untuk mengerjakan soal dengan deadline waktu persis seperti saat ujian. Ketiga, untuk memperkaya diri dengan berbagai model soal beserta penyelesaiannya. Sehingga saat ujian berlangsung, kita menjadi lancar mengerjakan karena sudah menguasai model soal yang sama sebelumnya.

Mendapatkan banyak latihan-latihan soal juga tidak mudah. Jangan jadikan ini sebagai kendala, karena kalian masih harus pergi membeli buku, atau merogoh kocek lebih dalam untuk membelinya baik dalam bentuk buku ataupun paket online. Menu tryout online pada aplikasi KIPIN School menyediakan ratusan paket latihan soal untuk ulangan harian, ulangan semester, ujian nasional atau pun SBMPTN. Setelah mengerjakan, nilainya juga akan terakumulasi otomatis. Sehingga kalian bisa mengevaluasi hasil kerja kalian secara langsung, dan mengetahui soal mana yang perlu dibenahi.

7. Berdoa dan minta restu orang tua

Berdoa dan restu orang tua adalah cara yang paling bisa diandalkan setiap saat. Jika sudah mempersiapkan semua yang kalian mampu, maka tarik nafas, pejamkan mata dan mulai berdoalah. Karena perjuangan tanpa doa juga bisa berujung sia-sia, keduanya harus seimbang!

KIPIN School merupakan aplikasi yang menyediakan satu paket media pembelajaran bagi siswa. Menu buku pelajaran sekolah berisi ribuan buku pelajaran kurikulum 2006, 2013 dan 2017. Menu video pendidikan berisi ribuan video pembelajaran dari guru-guru berkompeten. Menu tryout online berisi ribuan latihan soal menuju ulangan harian, ujian semester dan ujian nasional. Menu komik literasi berisi ratusan komik menarik yang kaya pesan moral dan ilmu pengetahuan. Semua tersedia untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/K/MA. Aplikasi bisa diunduh melalui smartphone android, windows atau pun iOS. (wr/ed: Lia)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments