Kamis, April 25, 2024
spot_img
BerandaTeknologi DigitalMobile Aplikasi "Buku Sekolah Digital", Produk Teknologi yang Sangat Bermanfaat bagi Pendidikan...

Mobile Aplikasi “Buku Sekolah Digital”, Produk Teknologi yang Sangat Bermanfaat bagi Pendidikan Indonesia di Masa Depan

Teknologi memang diciptakan untuk meringankan tugas manusia dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan. Salah satu terobosan teknologi di aspek pendidikan yaitu Buku Sekolah Digital (BSD). Buku sekolah biasanya berupa cetak, dengan puluhan bahkan ratusan kertas yang tertumpuk rapi berbalut cover tebal. Bentuk fisik yg seperti ini cenderung susah untuk dibawa kemana-mana. Namun dengan teknologi, tumpukan kertas itu diubah menjadi menjadi sebuah platform digital. Ribuan buku bisa diakses hanya melalui satu genggaman piranti, seperti PC, tablet atau smartphone.

Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSD) di Google Play Store

Aplikasi Buku Sekolah Digital dikelola oleh Pendidikan.id, mempunyai koleksi lebih dari 2000 buku sekolah dalam bentuk digital. Sebagian besar adalah buku-buku dari program Buku Sekolah Elektronik milik Departemen Pendidikan Nasional. Sebagian lainnya adalah buku-buku berbayar dengan harga sangat murah, yang bekerjasama dengan IKAPI. Buku-buku untuk jenjang SD – SMA/SMK tersebut terarsip dengan rapi sesuai kurikulum resmi, mulai dari KTSP 2006 hingga kurikulum 2013 yang teranyar.

Mengenai hak cipta, setiap buku BSE telah dibeli hak ciptanya secara resmi oleh Depdiknas dari penulis atau penerbit. Lantas Pendidikan.id, pengelola Buku Sekolah Digital, mengubahnya dalam bentuk siap download dng size yg ringan. Tujuannya, dengan kehadiran BSD peredaran buku-buku pendidikan dapat semakin luas, mudah dan cepat sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Air.

Pemanfaatan kecanggihan teknologi adalah alasan yang mendasari mimpi, bahwa jutaan siswa kini dapat belajar tanpa batas biaya dan waktu. Teknologi sederhana yang telah memasyarakat saat ini yaitu teknologi internet atau online. Melalui internet, transaksi jual beli produk, komunikasi antar-personal ataupun grup, hingga penyebaran informasi segalanya menjadi mudah. Dan Buku Sekolah Digital merupakan salah satu produk teknologi internet, yang bermanfaat di bidang pendidikan. Buku Sekolah Digital menjadi solusi mahalnya harga produksi buku cetak, tidak terjangkaunya distribusi buku cetak ke daerah 3T, hingga susahnya membawa buku cetak kemana-mana.

Artikel Berita Buku Sekolah Digital di Laman Kompas Tekno

Hadirnya BSD sebagai produk teknologi juga menjadi perhatian media Kompas, portal berita yang berhasil meraih gelar Top Brand dalam kategori Online News Platform. Kompas membahas Buku Sekolah Digital pada postingan beritanya pada Selasa 13 Juni 2017. Berita ini dinaikkan pada laman yang khusus membahas teknologi, yaitu Kompas Tekno.

Dalam postingan-nya, Kompas Tekno mendeskripsikan antarmuka aplikasi Buku Sekolah Digital yang simpel. “Saat membukanya, pengguna disodorkan dua tab utama. Satu untuk melihat buku apa saja yang telah diunduh dan satunya lagi berisi beberapa folder buku sesuai kurikulum,” begitu isi paragraf ketujuh dari berita. Kompas Tekno juga memantau jumlah pengunduh aplikasi Buku Sekolah Digital pada Google Play Store, yang mencapai lebih dari 100.000 kali. Di akhir berita, dicantumkan tautan bagi pembaca yang ingin mengunduh aplikasi Buku Sekolah Digital.

Tampilan Menu Aplikasi Buku Sekolah Digital (BSD) di Smartphone

Buku Sekolah Digital menambah bukti bahwa teknologi dapat membawa manfaat yang menguntungkan bagi kehidupan manusia, dalam hal ini adalah siswa-siswi Indonesia. Lebih dari itu, teknologi dapat meningkatkan taraf dan kualitas peradaban manusia ke tingkat yang lebih baik. Namun, manfaat ini hanya akan terwujud jika manusia menggunakannya dengan baik dan benar. Sebaliknya, teknologi akan menjadi petaka jika manusia menyalahgunakanya. Oleh karena itu, gunakan internet dengan baik, salah satunya untuk memaksimalkan waktu belajar. Bermain game atau menonton film hanya sebagai penghibur ketika mulai bosan.

Bagi yang belum mengunduh Aplikasi Buku Sekolah Digital dan ingin mengakses buku-buku pendidikan gratis, silakan buka tautan:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mahoni.bse&hl=in untuk Android,
https://itunes.apple.com/id/app/mahoni-bse/id665775662?l=id&mt=8 untuk iOS,
dan https://www.microsoft.com/id-id/store/p/mahoni-bse/9wzdncrdhbl0 untuk Windows Phone. (Wr/ed: Lia)

Kompas.com’s article: http://tekno.kompas.com/read/2017/06/13/20070087/.download.gratis.buku.sekolah.sd.sampai.sma.lewat.aplikasi.ini
RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments