Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Kegiatan Sekolah

SMK St. Louis Surabaya Perluas Jangkauan Pembelajaran Bersama Pendidikan.id, untuk Menciptakan SDM Kejuruan yang Mampu Bersaing

GoKart buatan siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK St. Louis Surabaya di depan gedung sekolahnya (source: https://smkstlouis.sch.id/gokart-mission-complete/)

Sekolah kejuruan masih banyak diminati masyarakat, meski sedikit tergerus oleh anggapan bahwa lulusan SMK tidak banyak laku di pasar kerja. Tapi nyatanya, sebagian siswa-siswi Indonesia masih bertahan pada pilihannya untuk menempuh SMK. Bahkan kini, hampir seluruh siswa SMK melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, agar menjadi pribadi yang layak bersaing di pasar kerja.

SMK St. Louis Surabaya merupakan salah satu sekolah kejuruan swasta Katolik yang beralamat di Jl. Tidar 117 Surabaya. Empat puluh satu tahun berdiri, nama sekolah ini tentu banyak dikenal oleh masyarakat luas khususnya Surabaya. Ribuan tenaga kerja juga telah dihasilkan dan sukses memenuhi tuntutan dunia kerja. Melalui program pendidikan yang diterapkan, SMK St. Louis nyatanya mampu menyediakan teknisi yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Hal ini sesuai dengan visi yang dimiliki, yaitu terwujudnya lulusan terampil yang berkepribadian unggul.

Sekolah yang masuk dalam Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Teknologi & Industri ini memiliki sarana praktek yang lengkap, dan terbagi atas lima jurusan. Kelima jurusan itu adalah Teknik Elektronika, Teknik Komputer & Informatika, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Sepeda Motor. Meski berhubungan dengan elektronika, teknologi dan permesinan, tapi tak melulu siswanya laki-laki. Banyak pula siswa perempuan yang tertarik untuk mendalaminya. Hebatnya lagi, semua jurusan di SMK St. Louis Surabaya sudah terakreditasi A.

Di tengah ramainya masyarakat memilih pendidikan yang pas, SMK St. Louis terbukti tetap mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat. Sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Laraziz ini terus memperbarui program, sekaligus memperluas jangkauan pendidikannya. Oleh karena itu, SMK St. Louis bersama pendidikan.id bekerjasama untuk mewujudkan cita-cita ini. Kerjasama yang dimaksud yaitu dalam bentuk pembuatan video pembelajaran, sehingga ilmu dari SMK St. Louis dapat menjangkau seluruh pelajar Indonesia.

Upacara penerimaan siswa baru di lapangan SMK St. Louis Surabaya, Sabtu (22/07)

Sabtu (22/07), menjadi hari pertama untuk mengawali hubungan kerjasama antara SMK St. Louis dengan pendidikan.id. Tepat di acara upacara pelantikan siswa baru, pendidikan.id melancarkan kegiatan shooting perdananya. Sombo Duli, perwakilan pendidikan.id mengatakan, “kegiatan shooting pertama di SMK St. Louis ini untuk permulaan, percobaan sekaligus pertemuan untuk membicarakan hubungan kerjasama selanjutnya.”

Menurut Sombo, kerjasama ini akan menjadi kesempatan yang baik bagi SMK St. Louis untuk menjangkau pendidikan yang lebih luas. Tidak hanya terbatas pada siswa-siswi SMK St. Louis, namun juga siswa SMK lainnya di seluruh Indonesia. Sombo mengungkapkan, hal ini karena video pembelajaran yang akan digarap nantinya lebih menampilkan kegiatan praktek, bukan teori. Oleh karena itu ia berharap, video pembelajaran ini dapat efektif mengedukasi, sehingga akan meningkatkan kualitas siswa-siswi SMK. “Semoga dapat membantu siswa SMK di Indonesia untuk berdaya saing tinggi di dunia kerja,” ungkap Sombo. (wr/ed: Lia)

Most Popular

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top