Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pengertian Bahasa Indonesia Dan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pengertian Bahasa Indonesia Dan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

    Jika Anda warga negara Indonesia tentu Anda sudah tahu dan mengenal yang namanya bahasa Indonesia. Ya, bahasa Indonesia ini merupakan suatu bahasa resmi yang berlaku di negara Indonesia. Dimana setiap penduduk Indonesia pada dasarnya memang wajib menggunakan atau minimal tahu tentang cara menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

    Bahasa Indonesia sendiri merupakan suatu bahasa pemersatu di Indonesia. Didalam dunia artikel pendidikan terbaru sendiri, bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang dipelajari sejak tingkat pendidikan sekolah dasar sampai dengan ke tingkat pendidikan di perguruan tinggi. Para ahli juga memiliki pendapat tentang pengertian bahasa Indonesia. Berikut beberapa pengertian bahasa Indonesia dan penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia menurut para ahli.
    Pengertian Bahasa Indonesia Dan Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia

    Pengertian bahasa Indonesia dari segi linguistik pada dasarnya merupakan suatu bahasa campuran dari berbagai macam bahasa. Akan tetapi mayoritas dari bahasa Indonesia dasarnya dari bahasa melayu Riau.

    Sementara para ahli juga memiliki beberapa pendapat tentang bahasa Indonesia. Beberapa pendapat dari para ahli tentang bahasa Indonesia yaitu :

    Pengertian bahasa Indonesia menurut Owen dalam Stiawan

    Menurut Owen dalam Stiawan dijelaskan bahwa definisi bahasa yaitu “language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols”. Artinya bahwa bahasa merupakan suatu kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional. Tujuannya untuk menyampaikan suatu konsep melalui kegunaan simbol – simbol yang dikehendaki dan kombinasi dari simbol – simbol yang diatur oleh ketentuan.

    Pengertian bahasa Indonesia menurut Tarigan

    Tarigan menjelaskan bahwa ada dua definisi bahasa. Yang pertama bahwa bahasa merupakan suatu sistem yang dibuat secara sistematis, barangkali juga untuk sistem yang generatif. Sementara pengertian yang kedua bahwa bahasa adalah seperangkat lambang – lambang mana suka atau simbol – simbol dari arbitrer.
    Bahasa Indonesia disempurnakan dengan EYD atau Ejaan yang Disempurnakan. Ada beberapa tahapan penyempurnaan ejaan Bahasa Indonesia yaitu :
    Ejaan van Ophuijsen

    Ejaan van Ophuijsen merupakan suatu ejaan bahasa Melayu dengan menggunakan suatu huruf latin. Ejaan yang satu ini pertama kalinya diperkenalkan oleh Charles van Ophuijsen di tahun 1896 yang kemudian baru diakui oleh pemerintah kolonial di tahun 1901.

    Ejaan Republik

    Ejaan Republik ini merupakan suatu ejaan yang memang secara sengaja dibuat untuk mengganti dan memperbaiki berbagai macam jenis ejaan pada Bahasa Indonesia yang sebelumnya. Ejaan ini pertama kalinya diresmikan di tahun 1947 tepatnya di tanggal 19 Maret.

    Ejaan Melindo (Melayu Indonesia)

    Beberapa tahun setelah Ejaan Republik diresmikan, pemerintah memang kemudian melakukan perubahan kembali pada suatu struktur ejaan Bahasa Indonesia. Perubahan ini diberi nama dengan Ejaan Melindo atau Melayu Indonesia. Ejaan ini pertama kali juga dikenalkan pada akhir Tahun 1959 oleh pemerintah Indonesia. Walau memang sempat dikenalkan ke publik, akan tetapi ejaan Melindo tidak pernah diresmikan karena berbagai macam kisruh di dunia politik yang terjadi di masa itu.

    Ejaan yang Disempurnakan (EYD)

    EYD ini masih berlaku sampai saat ini. Ejaan yang Disempurnakan diresmikan oleh Pemerintah Indonesia di tahun 1972. Pada ejaan ini ada banyak sekali perubahan yang dilakukan dalam Bahasa Indonesia. Berbagai penggunaan ejaan yang menggunakan berbagai macam huruf hubung seperti tj, oe, ch. Kini ditiadakan dan diganti dengan satu huruf atau ejaan huruf hubung yang jauh lebih mudah digunakan.

    Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang pengertian bahasa Indonesia dan penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.
    ASEAN merupakan singkatan dari suatu frasa kata yaitu A S E A N yang artinya Assosiation of South East Asian Nations. Frasa kata ASEAN ini berasal dar
Working...
X