Announcement

Collapse
No announcement yet.

Sendratari Meras Gandrung, Ritual Kelulusan Penari Gandrung Banyuwangi

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Sendratari Meras Gandrung, Ritual Kelulusan Penari Gandrung Banyuwangi

    Gandrung adalah tarian kesenian rakyat yang pada mulanya digunakan untuk media ritual persembahan kepada Dewi Sri sebagai bentuk rasa syukur ketika musim panen tiba. Penari gandrung yang telah dianggap mampu dalam berolah vokal dan menari, akan menjalani Meras Gandrung. Ritual ini seperti ritual wisuda untuk para penari gandrung, sehingga dapat diakui sebagai penari gandrung profesional.

    Sendratari Meras Gandrung diadakan setiap satu bulan sekali di Taman Gandrung Terakota. Ritual kelulusan penari Gandrung Banyuwangi ini menyajikan sisi lain dari tarian Gandrung yang menjadi ikon Kota Banyuwangi. Acara ini diawali dengan menceritakan Banyuwangi pra kemerdekaan, dimana Banyuwangi masih berperang dengan VOC. Pada saat ini, tarian Gandrung ditarikan oleh penari laki-laki. Kelompok laki-laki penari Gandrung ini bernama Gandrung Marsan. Gandrung Marsan memiliki peran penting selama masa perang, mereka membantu gerakan gerilya dan juga membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok.

    Menjelajah Budaya Banyuwangi dengan Trip Budaya Bersama Spesialisnya


    Penampilan Gandrung Marsan Sebagai Pembuka Meras Gandrung

    Setelah perang selesai, penari Gandrung dipilih oleh pemimpin kelompok Gandrung yang lebih senior dan dilatih untuk menjadi penari Gandrung profesional. Setelah penataran selesai, penari Gandrung muda akan dipupuh yang prosesnya menyakitkan. Ketika ini berlangsung, akan terjadi perang batin antara energi positif dan negatif di dalam diri penari Gandrung muda ini. Setelah dipupuh, maka penari Gandrung muda akan diwisuda (meras) dan ditetapkan sebagai penari Gandrung profesional.Penari Gandrung yang telah dimeras akan bergabung bersama penari Gandrung lainnya untuk menarikan tarian Jejer Gandrung.

    Baca Juga: Luar Biasa! Festival Gandrung Terbesar di Banyuwangi Menampilkan 1000 Penari Gandrung!

    Ketika menarikan Jejer Gandrung, para penari akan menggaet pengunjung dengan selendang yang mereka gunakan. Pengunjung yang terkena lemparan selendang, wajib ikut menari bersama di venue acara. Upacara kelulusan penari Gandrung muda menjadi Gandrung profesional selesai dilaksanakan setelah tarian Jejer Gandrung usai.
Working...
X