Announcement

Collapse
No announcement yet.

3 Perbedaan Anak Sekolah di Indonesia dengan di Korea Selatan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 3 Perbedaan Anak Sekolah di Indonesia dengan di Korea Selatan

    3 Perbedaan Anak Sekolah di Indonesia dengan di Korea Selatan

    Banyak siswa/siswi di Indonesia yang sering mengeluh dengan sistem pendidikan yang di dapatkannya, banyak juga si yang membanding-bandingkannya dengan Negara lain. Gak jarang juga loh, yang membanding-bandingkan dengan sistem pendidikan di Negara Korea Selatan.

    Hmm, menurut mimin si karena efek drama korea dan baju seragamnya yang warna dan modelnya lucu-lucu haha, bener gak nih Serbaholic? Hihihi

    Tapi, kamu tau gak kalau sistem pendidikan di Korea Selatan dikenal bagus karena terbukti memiliki hasil yang memuaskan. Dengan memiliki standar yang tinggi, murid-murid sekolah khususnya murid SMA, harus mampu mencapai target yang telah ditentukan. Tapi karena hal itu, ternyata banyak murid yang mengeluhkan sistem pendidikan di Korea Selatan tersebut.

    Udah deh langsung aja nih mimin kasih 3 hal berikut yang membedakan sistem pendidikan di Indonesia dengan Korea Selatan. Cekidot…

    1. Jam sekolah
    Rata-rata sekolah di Korea Selatan masuk pada pukul 08.00 dan pulang pada pukul 16.00 untuk yang SMP, sedangkan untuk siswa SMA mereka di sekolah hingga pukul 21.30/22.00 alias menghabiskan waktu 16 jam sekolah! Haha 16 jam loh Serbaholic, aduh baru bel masuk aja anak-anak di Indonesia udah pada bete apalagi 16 jam. Bolos massal tiap hari hahaha.

    Belum lagi biasanya sepulang sekolah mereka ikut les juga untuk persiapan ujian ke perguruan tinggi karena persaingan masuknya ketat banget. Setidaknya mereka akan pulang ke rumah pada tengah malam. Duh, kebayang gak sih gimana cape dan stressnya? Gak heran, makanya angka stress dan bunuh diri para siswa/siswi di sana sangat tinggi. Serem banget kan? Hihi

    Nah Serbaholic, kalau di Indonesia kita rata-rata masuk sekolah pada pukul 06.30/07.00 dan pulang pada pukul 13.00/15.00. Ya kurang lebih cuma 8 jam aja nih sekolahnya, setengah dari jam sekolah para siswa di Korea Selatan. Bersyukur lah kita masih sempat buat main dan nongkrong bareng temen-temen sepulang sekolah di mall atau café haha.

    2. Seragam
    Ketentuan pakai seragam sekolah di Indonesia dimulai sejak SD bahkan TK, sedangkan di Korea Selatan saat masuk SMP siswa baru diwajibkan pakai seragam. Kalau di Indonesia kita pakai seragam yang sama semua antar sekolah, di Korea Selatan tiap sekolah punya seragam yang beda-beda. Kira-kira lebih asik yang mana nih menurut kamu?

    3. Fasilitas
    Karena jam belajar yang lama, rata-rata sekolah di Korea Selatan memberikan jatah makan untuk para siswanya, sedangkan di Indonesia para siswa biasanya membawa bekal atau beli makanan di kantin. Yang unik di sekolah Korea Selatan yaitu banyak sekolah yang membuat peraturan bahwa sepatu harus dilepas dan disimpan di loker saat masuk di gedung sekolah, kemudian siswa akan ganti menggunakan sandal yang telah disediakan. Biar sekolah tetep bersih dan kaki siswanya gak bau keringet kali ya? Mantap haha.
Working...
X