Announcement

Collapse
No announcement yet.

Demi Masa Depan Anak, ‘Homeschooling’ Bisa Jadi Pilihan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Demi Masa Depan Anak, ‘Homeschooling’ Bisa Jadi Pilihan




    Kita semua sepakat, pendidikan merupakan salah satu yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Dengan adanya pendidikan, maka seseorang dapat berkembang lebih baik kedepnnya. Untuk itulah pentingnya mendapatkan pendidikan setinggi mungkin bagi setiap orang.

    Pendidikan tidak hanya dapat ditempuh melalui jalur formal seperti SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Saat ini banyak alternatif pendidikan lainnya yang bisa ditempuh anak guna mendapatkan pendidikan yang layak dan terbaik. Salah satunya yaitu homeschooling.

    Apa itu Homeschooling?

    Secara arti kata, homeschooling adalah sekolah di rumah. Fenomena homeschooling memang cukup populer beberapa tahun belakangan ini, bahkan menjadi tren tersendiri bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

    Saat ini sudah banyak orang tua yang lebih memilih homeschooling untuk anak-anak mereka dibandingkan menempuh sekolah regular.

    Sebenarnya apa itu homeschooling? Istilah ini sering dikenal sebagai istilah dari home education/home-based learning.Homeschooling merupakan pendidikan alternatif yang mana diselenggarakan oleh keluarga yang bertujuan untuk mengembangkan anak sesuai dengan potensi masing-masing.

    Ada 3 metode yang diterapkan dalam homeschooling, yaitu:

    1. Homeschooling Tunggal

    Ini merupakan homeschooling yang dilakukan oleh pihak orangtua yang ada di dalam sebuah keluarga tanpa bergabung dengan pihak-pihak lainnya. Dalam hal ini orangtua lah yang memiliki peranan penting sebagai guru yang mengajarkan langsung pada anaknya..

    Kalaupun memang didatangkan guru private, hanya diperuntukkan membimbing dan mengarahkan anak dalam pelajaran yang memang disukainya. Biasanya guru-guru yang didatangkan berasal dari lembaga yang memang khusus menyelenggarakan homeschooling.

    2. Homeschooling Majemuk

    Metode homeschooling ini dilakukan oleh 2 atau lebih dari keluarga. Namun kegiatan-kegiatan pokok tetap dilakukan orangtua masing-masing. Dan kegiatan-kegiatan tertentu sementara dilakukan secara bekerja sama antara kedua belah pihak orang tua.

    3. Homeschooling Komunitas

    Metode homeschooling komunitas merupakan gabungan dari beberapa homeschooling manjemuk yang ditentukan dalam silabus, kegiatan pokok, bahan pengajaran, sarana dan prasarana, hingga jadwal pembelajaran.

    Dalam proses pengajaran, beberapa keluarga akan memberikan kepercayaan pada badan tutorial yang memang khusus untuk memberikan materi pelajaran.


    Ada kelebihan dan kekurangan di dalam proses pengajaran homeshooling ini. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dari homeschooling.

    Kelebihan homeschooling:
    • Memberikan kemandirian serta kreativitas pada masing-masing murid
    • Memberikan peluang bagi peserta didik untuk dapat mengembangkan potensi individu semaksimal mungkin
    • Tidak mengikuti standar kompetensi yang dimiliki sekolah-sekolah
    • Anak terlindungi dari lingkungan sosial yang kurang baik
    • Menyiapkan anak untuk menghadapi kehidupan sosial yang nyata
    • Memfokuskan diri pada kemampuan dan minat anak yang kemudian membantu anak untuk bisa berkembang
    • Mengajarkan anak pada berbagai situasi dan kondisi yang ada di lingkungan sosial
    • Memberikan peluang anak untuk bisa berinteraksi dengan teman-teman sebaya lainnya di luar dari jam belajar
    Kelemahan homeschooling:
    • Kurang begitu memberikan kesempatan anak untuk dapat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya yang mana dapat memberikan pengalaman yang berharga kepada anak
    • Mengisolasi anak dari kehidupan nyata yang terkadang kurang menyenangkan, sehingga nantinya akan berpengaruh dalam perkembangan anak
    • Anak tidak siap dalam menghadapi kondisi riil yang kurang menyenangkan
    Pendidikan Bisa Didapatkan Dimanapun dan Kapanpun


    Pendidikan memang sangat penting bagi setiap orang karena dapat membantu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Pendidikan tidak hanya bisa didapatkan di sekolah saja, namun dimanapun dan kapanpun ilmu bisa Anda terima. Baik pendidikan formal dan informal dapat berjalan bersamaan yang dapat melengkapi satu sama lainnya. Namun yang terpenting dari semua itu adalah kesiapan akan biaya dengan memiliki asuransi pendidikan.


    Last edited by moderatyes; 18-05-18, 03:48 PM.
Working...
X