Announcement

Collapse
No announcement yet.

Ketemu Sri Mulyani, Guru RI Curhat Gaji hingga Tunjangan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Ketemu Sri Mulyani, Guru RI Curhat Gaji hingga Tunjangan



    Kemarin (10/7/2018) Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kemarin hadir di acara Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mengisi sambutan. Sri Mulyani dan Kementerian Keuangan adalah pihak yang mengatur pos-pos anggaran negara, termasuk di dalamnya anggaran untuk pendidikan dan juga guru.
    Sri Mulyani tiba di gedung Guru sekitar pukul 10.20 WIB. Mengenakan kebaya putih dan rok panjang, Sri Mulyani berjalan menuju panggung. Guru-guru yang hadir sibuk memotret Sri Mulyani.

    Acara dibuka oleh Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi yang menyampaikan aspirasinya kepada Sri Mulyani.

    "Kami mau menyuarakan aspirasi para guru, tenaga kerja pendidikan di Indonesia ini. Bu mengapa kami berbeda dengan tenaga pendidik dari Kemenristekdikti dan guru di Kementerian Agama? Mereka tunjangan profesinya dibayar lengkap sedangkan kami tidak. Mohon arahan dari ibu, ini suara hati kami," kata Unifah di Gedung Guru, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

    Dia menyampaikan untuk membentuk masa depan Indonesia yang baik dibutuhkan sumber daya yang berkualitas dan juga ditopang oleh dukungan dari pemerintah.

    "Kami juga apresiasi upaya luar biasa ibu Menteri Keuangan dalam pengelolaan tata anggaran untuk pendidikan," ujarnya.

    Setelah itu disambut dengan tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir. Sri Mulyani hanya tersenyum mendengar aspirasi dari persatuan guru itu.

    Acara ini bertajuk Dialog Publik mengenai Cetak Biru Pengembangan SDM Indonesia dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan topik "Efektivitas Anggaran Pendidikan untuk Pendidikan Bermutu".
    ri Mulyani menyebut guru dengan status pegawai tetap kerap menerima gaji, namun yang lebih banyak mengajar justru guru honorer.

    "Karena itu saya selalu berupaya mendengarkan aspirasi guru dari sisi kesejahteraan. Guru honorer banyak, tapi guru tetapnya ke mana? Yang terima gaji guru tetap, yang mengajar guru honorer, ini harus diperhatikan," ujar Sri Mulyani di Gedung Guru, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).

    Ia juga mendapatkan keluhan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kepala sekolah dan para guru yang lebih sibuk membuat laporan keuangan dibandingkan menjalankan tugas utamanya.

    "Presiden pernah komplain ke saya, banyak kepala sekolah dan guru justru sibuk membuat laporan keuangan. Ada BOS (bantuan operasional sekolah), sebenarnya sederhana dan anda tidak perlu membuat banyak laporan," kata Sri Mulyani.

    Para guru juga diminta untuk fokus memikirkan pendidikan. Pasalnya, pemerintah sudah mengalokasikan 20% dari APBN atau sekitar Rp 444 triliun di tahun ini untuk pendidikan.

    "Kalau guru sibuk memikirkan gaji saja, pendidikan siapa yang memikirkan. Karena itu kami anggarkan 20% APBN untuk perbaikan kualitas guru sekolah, kelas, laboratorium hingga teknologi," kata dia.

    source: Detik

    //

    Media belajar SI KIPIN sebagai digital library. Menyediakan ribuan buku sekolah digital untuk K1-K12, paket try out, video belajar dan komik literasi untuk anak sekolah hingga ke seluruh pelosok indonesia.
    Info lanjut di www. kipin.id || info@pendidikan.id || pendidikan.id
Working...
X