Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kapal Datar Karya Mahasiswa UI Diakui Dunia

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kapal Datar Karya Mahasiswa UI Diakui Dunia



    Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Hydros Team UI meraih peringkat kedua dalam ajang kontes kapal dunia. Mereka menciptakan dua kapal dengan konsep plat datar bernama Heavy Weight Mark III dan Heavy Weight Mark II.

    ‎Mereka ‎ berhasil meraih juara dua dalam ajang kontes kapal dunia Hydrocontest 2018 yang diselenggarakan di Saint Tropez, Perancis pada 2 - 9 September 2018 yang lalu. Kapal plat datar tersebut merupakan kapal khas Universitas Indonesia dengan desain monohull semi-trimaran. Desain itu mendapatkan stabilitas yang baik dan menekan biaya produksi menjadi lebih hemat. Pada kategori long distance race, Hydros Team UI berhasil mengungguli tim dari Swiss, Spanyol, Perancis. Sedangkan juara diraih oleh tim dari Inggris. Dalam kategori tersebut, kapal harus menempuh lintasan sebanyak mungkin dalam waktu 1 jam.

    Ketua Hydros Team UI Mufty N. Aulia mengatakan Indonesia masih minim dalam teknologi kemaritiman. "Melalui ajang ini kami ingin membuktikan bahwa pandangan tersebut salah dan kami ingin mengasah diri terus agar kelak dapat membangkitkan teknologi maritim di Indonesia," kata Mufty dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/9/2018). ‎Kapal HeavyWeight Mark III dilengkapi dengan fitur water tunnel yang akan memaksimalkan aliran air untuk propulsi. Kapal pun memiliki konsep plat datar yang meniadakan proses bending, membuat proses produksinya lebih mudah dan murah sehingga sangat cocok diterapkan di Indonesia.

    source: Pikiran-Rakyat

    //

    Media belajar SI KIPIN sebagai digital library. Menyediakan ribuan buku sekolah digital untuk K1-K12, paket try out, video belajar dan komik literasi untuk anak sekolah hingga ke seluruh pelosok indonesia. Info lanjut di www. kipin.id || info@pendidikan.id || pendidikan.id
Working...
X