Announcement

Collapse
No announcement yet.

6 Sistem Pendidikan di Jerman yang Wajib Diketahui Warga Asing

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 6 Sistem Pendidikan di Jerman yang Wajib Diketahui Warga Asing

    Sistem Pendidikan di Jerman - Apakah Anda berencana untuk singgah ke Jerman? Penting sekali untuk orang tua mengetahui sistem pendidikan yang berjalan. Pendidikan di negara Jerman memiliki predikat yang cukup baik di mata dunia. Menurut survey, Jerman memiliki rangking 16 untuk matematika dan ilmu pengetahuan alam. Semua siswa selalu mengikuti pendidikan yang lebih tinggi.

    Kebanyakan siswa akan masuk ke sekolah negeri yang tidak dipungut biaya. Namun bagi siswa asing sebaiknya mengikuti pendidikan di sekolah internasional. Dikarenakan siswa bisa lebih mudah belajar dalam bahasa yang familiar.

    Setiap tahunnya sekolah dimulai pada pertengahan bulan Agustus/ September dan selesai pada bulan Juli. Sekolah akan dimulai setiap minggunya dari hari Senin hingga Jumat dari pukul 8 pagi hingga 1 atau 2 siang. Terdapat juga kegiatan ekstrakurikuler yang akan selesai pukul 4 sore.

    6 Sistem Pendidikan di Jerman yang Wajib Diketahui Warga Asing


    Setiap mata pelajaran akan diberikan selama 45 menit dengan 5 menit istirahat. Tingkat pendidikan awal yang diberikan kepada anak dimulai dari pra sekolah. Namun tingkat ini tidak wajib artinya dapat diikuti dan tidak. Selanjutnya sistem pendidikan dibagi menjadi dua yaitu yang pertama primary school dan secondary school dan berikut ini adalah penjelasannya yang saya rangkum dari website

    1. Taman Kanak-Kanak di Jerman (Kindergaten)

    Anak-anak yang masih di usia tiga tahun kebawah bisa mengikuti ‘Kinderkrippe’ yang merupakan tempat penitipan anak. Sedangkan anak yang sudah berusia tiga hingga enam tahun perlu mengikuti taman kanak-kanak (Kindergarten/Kita). Kegiatan sekolah bisa berjalan hanya di pagi hingga siang, seharian atau hanya pada sore hari.

    Pada tingkat pendidikan ini penting untuk mendaftarkan diri sejak awal agar mendapatkan kursi. Anda juga bisa memilih sekolah yang menggunakan dua bahasa. Dua tipe pendidikan ini adalah pilihan dan anak-anak akan memiliki pengalaman menarik dalam bermain dan belajar bersama dengan orang Jerman.

    2. Primary School (Grundschule)

    Anak-anak akan mulai pendidikan yang wajib di bulan September saat musim gugur dan harus memiliki umur 10 tahun. Mereka akan menyelesaikan pendidikan hingga umur 10 tahun. Bagi mereka yang belum berumur 6 tahun harus mengikuti tes masuk agar mengetahui kesiapan dalam menempuh pendidikan.

    Mata pelajaran yang diberikan meliputi matematika, bahasa, ilmu pengetahuan alam, agama dan komputer. Orang tua juga bisa memilih untuk anak tidak mengikuti mata pelajaran agama jika tidak sesuai. Semua fasilitas belajar mengajar akan disediakan oleh sekolah.

    Pada akhir sekolah guru akan mengetes kemampuan dan keinginan anak untuk masa depan. Setelah itu guru akan mengeluarkan rekomendasi (Übergangsempfehlung) ke orang tua untuk ditindaklanjuti pada tingkat pendidikan selanjutnya.

    3. Secondary school di Jerman

    Sesuai dengan rekomendasi akademik dari jenjang pendidikan selanjutnya anak bisa memilih jenis secondary school yang ingin diikuti. Ada empat tipe sekolah yang bisa diikuti yaitu Gymnasium, Realschule, Hauptschule, Gesamtschule. Secara teori anak bisa memasuki salah satu jenis sekolah sesuai dengan nilai.

    Gymnasium
    Kebanyakan anak akan menempuh pendidikan di kelas ini pada umur 10 hingga 18 tahun. Anak-anak akan belajar dengan standar tinggi seperti mata pelajaran wajib bahasa Inggris, Prancis, Spanyol dan Latin. Selain itu ada mata pelajaran umum seperti olahraga, musik dan seni.

    Seorang siswa yang gagal lebih dari dua mata pelajaran harus mengulang tahun ajaran secara keseluruhan. Di tahun 11 siswa akan memasuki Gymnasiale Oberstufe yaitu kursus dua tahun persiapan ujian akhir.

    4. Realschule

    Sekolah diperuntukan bagi siswa berumur 10 hingga 15 atau 16 tahun. Standar akademik yang diberikan masih di bawah Gymnasium dengan mata pelajaran bahasa asing wajib dan bahasa kedua seperti Perancis. Melalui pendidikan ini siswa dapat melanjutkan di sekolah kejuruan.

    Siswa juga bisa mengambil kursus untuk mengarah pada pelatihan siap kerja. Berbagai bidang yang biasanya diampu adalah perdagangan komersial dan profesi medis. Siswa juga akan mempelajari keterampilan yang menempatkan mereka di tengah bisnis dan industri.

    5. Hauptschule

    Sekolah kejuruan untuk siswa umur 10 hingga 16 tahun. Mata pelajaran umum akan diberikan dan lebih fleksibel dan siswa tidak dituntut untuk melanjutkan pada bidang kejuruan seperti Realschule.

    Setelah lulus siswa dapat mengikuti magang (Lehre) dalam perdagangan manual atau melanjutkan studi paruh waktu di sekolah kejuruan.

    6. Gesamtschule

    Sekolah ini menggabungkan kurikulum Hauptschule dan Realschule. Siswa akan mendapatkan ijazah Hauptschulabschluss dan melanjutkan untuk mengambil magang (Lehre).




    Last edited by moderatyes; 19-08-19, 05:49 PM.
Working...
X