Announcement

Collapse
No announcement yet.

Standar Kelembaban Udara yang Baik untuk Kesehatan

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Standar Kelembaban Udara yang Baik untuk Kesehatan

    Standar Kelembaban Udara yang Baik untuk Kesehatan - Udara merupakan salah satu unsur penting bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Baik buruknya kualitas udara akan berdampak pada lingkungan dan dapat mempengaruhi kondisi atau kesehatan manusia. Dalam hal ini kualitas udara dibagi menjadi dua, yaitu kualitas udara luar ruangan (outdoor) dan kualitas udara dalam ruangan (indoor). Permasalahan yang sering dijumpai pada udara luar ruangan, contohnya seperti polusi udara dari asap kendaraan bermotor serta sampah yang menumpuk dan tidak dibuang pada tempatnya.

    Kondisi seperti ini sering dialami di kota-kota besar yang dipadati oleh penduduk dengan disertai banyaknya kendaraan yang berlalu lalang. Sementara itu, permasalahan yang mempengaruhi menurunnya kualitas udara didalam ruangan antara lain dikarenakan munculnya mikroba dan kurangnya ventilasi udara.

    Berbicara mengenai kualitas udara, ada beberapa parameter yang dapat dijadikan sebagai ukuran atau standar kelembaban udara yang baik bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut adalah penjelasannya..

    Temperatur udara ideal

    Pada dasarnya tubuh setiap orang menghasilkan panas. Sebanyak 20% panas yang dihasilkan oleh tubuh digunakan untuk metabolisme basal dan muskular. Kemudian sisanya sebanyak 80% dilepaskan keluar. Pada saat berada dalam suatu ruangan, tubuh beradaptasi dengan suhu di ruangan tersebut. Jika suhu ruangan terlalu tinggi atau rendah, bisa mempengaruhi kenyamanan serta kesehatan kita.

    Lalu bagaimana cara mengetahui suhu yang ideal suatu ruangan? Untuk mengetahuinya Anda dapat mengukur menggunakan alat ukur kelembaban udara. Apabila terjadi perubahan suhu tiba-tiba lebih dari 7°C dari temperatur yang seharusnya, dapat memicu terjadinya pengerutan saluran darah. Oleh karena itu, sebaiknya perbedaan suhu di dalam maupun di luar ruangan berada pada kondisi temperatur yang ideal di tempat tinggal Anda.

    Keseimbangan kombinasi temperatur dan kelembaban udara

    Untuk menciptakan kualitas udara yang sehat didalam ruangan, tentu harus diseimbangkan dengan kombinasi temperatur dan kelembaban udara untuk terciptanya ruangan yang nyaman dan sehat untuk ditempati. Jika tidak tepat maka kelembaban udara yang rendah, yaitu kurang dari 20 % akan dapat menyebabkan keringnya selaput lendir membran. Sementara itu, apabila kelembaban udaranya terlalu tinggi juga bisa memicu munculnya berbagai mikroorganisme yang membawa kuman penyakit.

    Kecepatan aliran udara 0,15-1,5 m/detik

    Apa yang dimaksud dengan kecepatan aliran udara? Kecepatan aliran udara merupakan pergerakan udara pada suatu ruangan yang mempengaruhi kenyamanan penghuni yang ada di dalamnya. Standarnya adalah kecepatan aliran udara dalam ruangan berada di kisaran 0,15 hingga 1,5 m/detik. Apabila kecepatan aliran udara lebih rendah dari kisaran tersebut, kondisi udara dalam ruangan akan tidak nyaman, itu dikarenakan tidak adanya gerakan atau pergantian udara. Berlaku juga untuk hal sebaliknya, saat kecepatan udara terlalu tinggi akan memunculkan perasaan tidak nyaman dan suara bising.

    Udara yang bersih dan tidak bau

    Saat udara dalam ruangan kotor atau terkontaminasi oleh asap maupun debu, akan menimbulkan munculnya kuman-kuman dan zat berbahaya lainnya yang tertinggal di dalam ruangan. Salah satu contoh yang mudah diketahui sebagai awal penanda bahwa udara di dalam ruangan tidak bersih adalah timbulnya bau. Jika Anda merasa ruangan Anda mulai terasa berbau, itu menandakan bahwa diperlukan adanya upaya untuk membersihkan ruangan atau rumah Anda.

    Terdapat ventilasi yang bersih dan cukup luas

    Jangankan di dalam gedung, di rumah pun rasanya sudah semakin minim ventilasi udara. Tempat keluar masuknya udara saat ini telah tergantikan oleh AC. Meskipun penggunaan AC memberikan manfaat, akan tetapi peran aliran udara secara alamiah tetap dibutuhkan.

    Gunanya adalah untuk menjaga lingkungan udara yang sehat dan berkualitas. Ventilasi yang ideal yaitu saat ventilasi bersih tanpa ada debu maupun mikroba yang menempel di kisi-kisinya, dan luas ventilasinya memenuhi standar. Dengan mempunyai ventilasi yang memenuhi standar, Anda akan mendapatkan ruangan yang nyaman untuk dihuni. Karena udara ruangan serta udara luar yang bersih dan segar akan mengalir bebas ke dalam ruangan melalui celah-celah ventilasi.

    Terdapat pencahayaan alami masuk ke dalam ruang

    Ruangan yang gelap dan tertutup tanpa adanya cahaya yang masuk akan menyebabkan ruangan sangat lembab dan memiliki kualitas udara yang buruk. Ada dua jenis pencahayaan yang baik untuk ruangan, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan dari lampu. Pencahayaan dalam ruangan sangatlah penting, terutama pencahayaan yang alami. Hal ini dikarenakan, sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan merupakan salah satu cara yang ampuh untuk membasmi dan membunuh kuman-kuman di dalam ruangan. Akan tetapi jika memang tidak memungkinkan ruangan mendapatkan cahaya matahari, setidaknya lakukanlah pembersihan secara rutin dan meneranginya dengan menggunakan cahaya lampu.

    Membasmi partikulat RSP

    Partikulat Respirable Suspended Particulate (RSP) atau kadar debu dalam udara adalah fiber yang berukuran sangat kecil yang beterbangan di udara, dan dapat terhirup oleh kita tanpa disadari. Partikulat RSP bisa berbentuk berupa cair maupun padat. Merokok dan membersihkan dengan vacuum cleaning merupakan contoh aktivitas yang menyebabkan munculnya partikulat RSP.

    Apa pengaruh partikulat RSP terhadap kesehatan? Walaupun konsentrasi partikulat yang ada di udara itu kecil, akan tetapi lama kelamaan partikulat yang masuk ke dalam tubuh Anda dapat mempengaruhi jaringan-jaringan tubuh ketika terhirup dan berada di paru-paru. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangilah aktivitas yang dapat menyebabkan partikulat RSP.
    Air Quality Meter adalah alat untuk pengukur kualitas udara pada suatu tempat. Pengukur kualitas udara ini memiliki seri AMF079 dari AMTAST. Alat ini dapat
Working...
X