Announcement

Collapse
No announcement yet.

Daftar Kampus Terbaik Indonesia 2020

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Daftar Kampus Terbaik Indonesia 2020

    Daftar Kampus Terbaik Indonesia 2020


    Lembaga pemeringkat kampus dunia berdasarkan popularitas web setiap perguruan tinggi, yakni 4ICU UniRank, merilis data terbarunya belum lama ini.

    Situs 4ICU UniRank, yakni 4icu.org, mengumumkan daftar peringkat kampus terbaik berdasarkan popularitas web untuk tingkat dunia, regional dan negara, termasuk Indonesia.

    Khusus untuk wilayah Indonesia, laman 4icu.org menginformasikan terdapat 571 perguruan tinggi yang diukur popularitas situs resminya masing-masing.

    UniRank menyatakan ratusan kampus tersebut telah mendapat akreditasi oleh lembaga resmi di Indonesia. Selain itu, ratusan perguruan tinggi ini tercatat membuka program S1 dan program pascasarjana tingkat S2 atau S3.

    Kampus-kampus di Indonesia yang masuk dalam daftar penilaian UniRank juga mennggelar kuliah tatap muka sebagai metode utama pembelajaran.

    UniRank mengklaim pengukuran popularitas masing-masing situs perguruan tinggi itu memakai metodologi tanpa bias dan merujuk pada data dari web intelligence yang independen.

    Berdasarkan data 4ICU University Rankings, Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di peringkat pertama dalam daftar 10 besar untuk wilayah Indonesia, pada 2020. Sementara di posisi kedua hingga kelima, terdapat UI, UPI, Undip dan Unbraw.

    UGM juga menempati peringkat ke-18 di daftar 200 kampus terbaik versi 4icu University Rankings untuk tingkat Asia pada tahun ini. Posisi UGM berada di bawah 2 kampus Asia Tenggara lainnya, yakni National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU).

    Adapun Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi ke-24 dan Universitas Pendidikan Indonesia di posisi ke-29, pada ranking level Asia tersebut.

    Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan mengatakan peringkat itu menunjukkan popularitas UGM berdasarkan banyaknya jumlah kunjungan ke website perguruan tinggi ini dan jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

    “Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitor-nya 420 ribu per hari,” kata Widyawan pada Minggu (9/2/2020), dikutip dari siaran resmi UGM.

    Widyawan menambahkan, pada tahun 2019, kapasitas bandwith situs kampusnya terus ditambah hingga menjadi 8 giga byte pada saat ini. Kata dia, dukungan infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith besar semakin mempermudah publik untuk mengakses berbagai konten digital di situs resmi UGM.

    Menurut Widyawan, popularitas website resmi UGM tidak semata-mata karena tampilan situs itu yang menarik dan memudahkan pengunjung. Faktor kualitas dan manfaat konten yang ditampikan juga berpengaruh terhadap tingkat kunjungan pengguna situs.

    "Selain itu, ditambah dengan dukungan infrastruktur yang memadai sehingga respons di website UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu," ujarnya.
    Berikut ini daftar kampus terbaik di Indonesia berdasarkan, sesuai dengan data 4ICU University Rankings:
    1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
    2. Universitas Indonesia (UI)
    3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
    4. Universitas Diponegoro (Undip)
    5. Universitas Brawijaya (Unbraw)
    6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
    7. Universitas Lampung (Unila)
    8. Universitas Airlangga (Unair)
    9. Institut Pertanian Bogor (IPB)
    10. Universitas Negeri Semarang (Unnes).

    Sumber : tirto.id
Working...
X