Announcement

Collapse
No announcement yet.

5 Tips Mempromosikan Usaha Restoran Supaya Maksimal

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 5 Tips Mempromosikan Usaha Restoran Supaya Maksimal

    Siapa sih yang tidak pengen usaha restorannya ramai dan dikenal? Pastinya semua pengen dong ya. Tapi kenyataannya untuk menjadikan restoran ramai tidaklah mudah. Pemilik restoran harus benar-benar fokus untuk mengelola usaha restoran supaya tidak hanya menghasilkan sajian kuliner yang enak tapi juga banyak pelanggan yang berdatangan. Oleh sebab itu perlu dilakukan promosi penjualan.

    Dalam hal promosi untuk bisnis restoran bisa dilakukan dengan berbagai macam. Ada yang melakukannya melalui produk makanan itu sendiri. Jadi makanan olahan restoran tersebut dibuat beda dan memiliki rasa yang unik, secara tidak langsung rasa ini akan meresap ke otak para pelanggan dan akhirnya ingin terus datang kembali ke restoran tersebut. Tetapi kali ini ada beberapa tips promosi yang akan di jabarkan informasinya kepada kamu semua khususnya bagi yang akan membuka usaha restoran. Apa saja tips itu? Silahkan simak dibawah ini 1. Melakukan Soft Launching Dengan Cara Yang Kreatif

    Soft Launching Restoran. Foto: Qraved.Com
    Launching sebuah restoran supaya momen penting untuk melihat daya tarik orang-orang tentang restoran Kamu . Di saat launching Kamu bisa mengamati bagaimana respon para pengunjung dan juga bisa meminta testimoninya. Untuk itu sebaiknya perlu dilakukan Soft Launching supaya restoran bisa dikenal oleh orang-orang dulu. Ya, yang pertama yang penting dikenal dulu. Karena tak kenal maka tak makan. Lakukan soft launching dengan cara yang kreatif.

    Contohnya Kamu sebagai pemilik restoran bisa mengundang komunitas blogger atau komunitas lain untuk datang ke restoran Kamu dalam rangka soft launching. Di acara ini nanti bisa diadakan semacam kompetisi review makanan dan restoran Kamu .

    Para undangan ini Kamu fasilitasi supaya bisa makan gratis di restoran Kamu pada saat soft launching. Nah, tapi di sini Kamu akan mendapatkan impact yang begitu positif dari review-review para blogger yang ditulis di blog. Walaupun mereka memperebutkan hadiah yang telah ditetapkan, tapi dilain sisi mereka juga turut mempromosikan restoran Kamu secara online. Untuk cara semacam ini sudah banyak dilakukan oleh restoran-restoran maupun bidang usaha lainnya. Dampaknya sangat positif. 2. Pancing Pelanggan Dengan Strategi Menarik

    Pancing pelanggan dengan diskon. Foto: carimakanaja.com
    Gimana supaya orang-orang bisa datang ke restoran Kamu ? Dan bagaimana supaya mereka kembali lagi ke restoran Kamu lalu menjadi pelanggan tetap? Jawabannya supaya Kamu perlu memancing mereka dengan strategi yang menarik.

    Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Contohnya, Kamu bisa memanfaatkan media sosial. Berikan promo spesial entah itu diskon harga atau gratis menu tertentu bila ada yang berani foto selfie saat makan di restoran Kamu . Tentunya harus dengan syarat seperti harus follow media sosial restoran Kamu , dan lain-lain. Cara lain juga bisa dilakukan misalnya dengan memberikan gratis beberapa porsi bagi yang datang bersama satu keluarga secara utuh.

    Itu beberapa contoh saja. Intinya buatlah pancingan kepada pelanggan yang mana pelanggan tersebut juga merasa tertantang. Dengan begitu pelanggan pun akan tertarik untuk berkunjung ke restoran Kamu . Jadi mereka ke restoran Kamu tidak hanya mendapatkan rasa kenyang setelah makan saja, tapi juga keseruan yang tidak didapatkan di restoran lain. 3. Berikan Fasilitas Pendukung

    Fasilitas pendukung restoran. Foto: Foodgrapher.com
    Sekarang ini orang ke restoran tak hanya sekedar cari makan. Tetapi juga untuk nongkrong atau menghabiskan waktu bercengkerama dengan keluarga dan kerabat. Untuk itu, berikan fasilitas untuk mereka. Berbgai macam fasilitas tersebut contohnya akses Free WiFi, mini karaoke, taman bermain untuk anak, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengatur desain ruangan supaya sesuai dengan fungsi tersebut. 4. Bagikan Stiker Promosi

    Stiker mobil. Foto: Shopee
    Cara ini kelihatannya biasa tapi cukup memiliki dampak positif. Dengan membagikan stiker promosi ke pelanggan yang telah datang dan juga menempelnya di tempat-tempat tertentu akan memudahkan orang lain untuk mengetahui restoran Kamu .

    Umumnya membagikan stiker ke pelanggan, maka pelanggan akan menempelkannya di belakang mobil. Tetapi bisa juga pihak restoran Kamu yang menempelkan di belakang mobil pelanggan, tetapi tetap harus meminta ijin dulu. Selama mobil itu berjalan di jalanan, maka di saat itu restoran Kamu juga turut dipromosikan. 🙂 5. Buat Website Dan Media Sosial

    Gunakan website dan sosial media. Foto: canva.com
    Jangan merasa belum butuh bila diminta untuk membuat website restoran Kamu . Keberadaan website dan aktif di media sosial akan memudahkan Kamu menggiring pelanggan ke restoran Kamu. Apalagi sekarang ini eranya digital dan banyak orang suka mengakses internet berjam-jam melalui ponselnya.

    Masih banyak pengusaha yang menganggap remeh kekuatan digital, baik website maupun sosial media dalam bisnis restoran. Padahal sudah banyak bukti restoran-restoran yang dulunya hanyalah sebuah kedai kecil namun membangun kekuatan brand melalui dunia digital baik memperkuat konten di website dan juga sosial media.

    Oke, itu tadi 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan restoran kamu. Namun selain 5 hal tersebut di atas, ada yang lebih penting dan harus dilakukan agar bisnis restoran kamu bisa laris, lancar, sukses, berkah yaitu doa. Sekeras apapun usaha yang dilakukan, tidak akan berhasil tanpa adanya kekuatan doa, karena manusia hanya bisa berusaha dan Tuhanlah yang menentukan.

    Sumber: https://bambosi.id/2020/06/21/5-tips...paya-maksimal/
Working...
X