Announcement

Collapse
No announcement yet.

“Habis Gelap Terbitlah Terang”

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • “Habis Gelap Terbitlah Terang”

    “Habis Gelap Terbitlah Terang”

    Di Indonesia tepat pada tanggal 21 April yaitu hari ini, selalu diperingati sebagai Hari Kartini, figur wanita yang didaulat paling berjasa bagi kaum wanita di Indonesia untuk kiranya lebih maju. Wah, mimin rasa si semua masyarakat Indonesia sudah pada tau dong siapa sosok Kartini ini?

    Yup, Raden Ajeng Kartini merupakan pelopor hak-hak perempuan selama masa kolonial Belanda dan inspirasi bagi perempuan setelah kemerdekaan. Mungkin, tanpa Raden Ajeng Kartini kini kaum perempuan di Indonesia masih tidak bisa seperti sekarang ini. Masih di anggap rendah daripada kaum laki-laki.

    Oh yah Serbaholic, setiap orang punya cara sendiri dalam memperingati Hari Kartini. Sejak kecil, mungkin kamu telah melihat berbagai perayaan yang dilakukan orang-orang di sekitarmu. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua bisa merayakannya. Lebih kerennya lagi, gak hanya kaum perempuan yang merayakannya tapi kaum laki-laki juga ikut serta, loh.

    Nah, mimin akan share bagaimana cara orang-orang Indonesia dalam merayakan Hari Kartini? Masih ingat, gak kamu? Hihihi.

    1. Lomba Masak
    Yup memasak identik dengan aktivitas kaum wanita dan kaum ibu setiap hari. Dan biasanya saat hari Kartini seperti ini, lomba masak menjadi salah satu favorit yang sering diselenggarakan banyak pihak. Mulai dari sekolah-sekolah, RT/RW, biasanya menggelar lomba ini untuk perayaan hari Kartini. Uniknya, biasanya kaum bapak-bapak yang akan berpartisipasi dalam lomba memasak ini meski tak menutup kemungkinan, ibu-ibu pun akan ikut serta berlomba.

    2. Lomba Busana Daerah
    Yuhuu untuk memperingati hari Kartini sekaligus memupuk rasa nasionalisme, lomba busana daerah biasanya diselenggrakan pada hari ini. Tak harus model, siapapun boleh ikut dalam acara ini. Biasanya yang mengikuti lomba adalah anak-anak, remaja atau ibu-ibu yang lucu bergaya dan berlenggak-lenggok diatas catwalk.

    3. Lomba dandan/berias
    Wanita tak jauh-jauh dari yang namanya berdandan atau berias. Tak heran jika berdandan dan berias biasanya juga dijadikan tema lomba untuk peringatan hari kartini ini. Yang unik, kadang tak hanya kaum wanita yang ikut lomba berias saat perayaan hari Kartini. Bapak-bapak dan kaum pria juga tak mau ketinggalan loh ikut lomba berias pula, hihihihi.

    4. Lomba menulis dengan tema hari Kartini
    Biasanya lomba jenis ini diadakan di sekolah-sekolah dan lingkungan pendidikan. Kartini menjadi tema utama yang diangkat untuk lomba menulis ini yang bisa berupa essay, puisi dan karya tulis lainnya.

    5. Lomba senam ibu-ibu
    Nah biasanya nih ibu-ibu PKK atau dalam suatu komunitas tertentu, memilih lomba senam untuk dipertandingkan dengan kelompok yang lainnya. Eh bagi kamu yang muda-muda boleh loh ikutan senam ibu-ibu. Itung-itung untuk olah tubuh juga supaya segar dan bugar.
Working...
X