Announcement

Collapse
No announcement yet.

Teknologi Ini Mudahkan Dunia Pendidikan, Apa Saja?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Teknologi Ini Mudahkan Dunia Pendidikan, Apa Saja?


    Foto: Istimewa

    JAKARTA - Teknologi yang tengah berkembang pesat telah mempengaruhi hampir segala aspek dalam kehidupan kita. Masyarakat yang akrab dengan teknologi ini bisa mendapat apa saja melalui teknologi seperti buku, makanan, perangkat elektronik, hingga pendidikan.

    Ya, sistem pendidikan rupanya juga menjadi salah satu yang mengalami perubahan berkat adanya teknologi. Buktinya, telah banyak lembaga pendidikan yang menerapkan teknologi ke dalam ruang kelasnya.

    Penggunaan teknologi di ruang kelas bukan hanya meningkatkan efektivitas belajar dan mengajar. Teknologi, kini nyatanya ampuh membuat pelajar aktif karena mereka terlibat dengan materinya secara langsung.

    Apa saja sih teknologi yang kini ada di dunia pendidikan? Penasaran? Berikut uraiannya seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

    Kelas online

    Kini belajar di dalam kelas sudah masuk ke dalam kategori kuno. Pasalnya, dengan kelas online, para siswa tidak perlu lagi duduk di kelas sepanjang hari. Siswa dapat belajar atau mengejar gelar sarjana secara online. Teknologi ini sendiri akan membuat siswa/mahasiswa terhubung dengan guru dan para dosen. Pendidikan melalui kelas online ini paling diminati oleh siswa karena memerlukan biaya sedikit dan memiliki nilai pengetahuan yang sama dengan belajar ala tradisional.

    Sumber bacaan online

    Internet sangat kaya dalam menyimpan beragam informasi. Kamu bisa mengakses apa pun melalui internet termasuk pengetahuan atau materi kuliah. Berbagai blog, situs, dan aplikasi memberikan banyak bantuan studi kepada siswa. Bahkan, data-data di internet itu kini bisa menjadi acuan untuk mempelajari suatu topik, mematangkan konsep tugas, hingga tujuan penelitian!

    Bimbingan online

    Kini bimbingan belajar sudah tak perlu lagi bertatap muka secara langsung. Lewat bantuan internet, beberapa lembaga pendidikan telah menerapkan bimbingan belajarnya hanya dengan klik-klik-klik di internet.

    Software untuk presentasi

    Untuk memaparkan materi, guru dan dosen di masa kini tidak lagi menggunakan papan putih dan papan hitam yang ditempel di dinding kelas. Itu sudah sangat usang. Kini teknologi yang digunakan adalah sebuah software presentasi dan proyektor. Melalui teknologi itu, tenaga pendidik bisa menyampaikan materi secara efektif dan bisa menambah gambar, diagram, dan video untuk membuat siswa merasa terlibat di kelas.

    Pencari beasiswa

    Bila dulu mencari beasiswa di dalam negeri dan di luar negeri sangat susah, mesti melampirkan segala dokumen untuk diposkan ke kantor pos, kini hal tersebut sudah tak perlu lagi dilakukan. Lewat internet, kamu bisa dengan mudah mengetahui peluang beasiswa di dalam maupun luar negeri serta mendaftarkan aplikasimu hanya dalam sekali klik.

    (*)

    source: okezone.com
    ​​
    Buku Sekolah Digital atau BSD persembahan dari Mahoni.com untuk peningkabutan kualitas pendidikan Indonesia. Tersedia dalam 3 platform; ios, android dan windows dan dapat didownload secara GRATIS melalui Smartphone dan PC Anda. Tersedia +2000 buku SD, SMP, SMA/SMK untuk pelajar dan pengajar.
    Info lebih lanjut kunjungi : www.bsd.pendidikan.id
    Tlp : +6221-5494049
    E-mail : sales@mahoni.com
Working...
X