Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Proses Pendidikan

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Proses Pendidikan

    Kemajuan teknologi informasi saat ini telah mampu mentransformasi apa yang dulunya dilakukan secara manual menjadi sebuah proses yang bersifat elektronik. Mulai dari transformasi surat menjadi electronic mail atau yang lebih dikenal dengan sebutan email, toko dan bisnis yang menjelma menjadi e-shop atau e-commerce, bahkan terakhir yang menjadi marak adalah transformasi uang fisik menjadi e-money atau uang elektronik. Oleh karena itu, huruf "e" didepan sebuah kata benda yang menyimbolkan maksud elektronik telah menjadi trend bahkan lifestyle di abad ini sehingga tak sulit bagi kita untuk menemukannya.

    Begitu pula pada dunia pendidikan yang saat ini juga telah diperkenalkan pada pendidikan yang berbasis teknologi informasi atau yang mungkin pernah kita dengar dengan istilah e-learning. Pemanfaat teknologi informasi pada dunia pendidikan bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar - mengajar yang selama ini hanya dilakukan secara konvensional melalui tatap muka serta tugas mandiri. E- learning memungkin proses belajar - mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama masing - masing pihak baik pengajar maupun siswa memiliki perangkat yang mendukung antara lain sebagai berikut :
    1. Komputer / Laptop
    2. Modem sebagai alat yang menghubungkan komputer dengan jaringan internet
    3. Akses internet baik berupa ISDN, Broadband, Mobile, dan lain - lain


    E-learning sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi pada dunia pendidikan dapat dirancang untuk memfasilitasi proses belajar - mengajar seperti tutorial online, diskusi melalui sebuah forum, serta kegiatan - kegiatan pembelajaran yang bersifat interaktif. Disamping itu sistem ini bahkan dinilai lebih efisien dibandingkan proses pendidikan secara konvensional karena tidak begitu banyak membutuhkan sarana atau fasilitas penunjang.

    Bahkan lebih lanjut lagi, sistem tersebut dapat pula dikembangkan sebagai sebuah sistem manajemen pendidikan yang terintegrasi dimana disamping berfungsi sebagai media belajar - mengajar, sistem ini dapat juga berfungsi sebagai sistem database sekolah yang menampung data - data penting berupa : data siswa dan pengajar, data penting sekolah, manajemen keuangan sekolah, dan sebagainya.

    Jadi, penerapan teknologi informasi pada dunia pendidikan jelas - jelas memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan mutu pelaksanaan proses pendidikan itu sendiri. Sekarang tinggal bagaimana paradigma para pelaku pendidikan untuk segera mengadopsi sistem yang bermanfaat ini.

    https://www.kompasiana.com

    //
    Media belajar SI KIPIN sebagai digital library. Menyediakan ribuan buku sekolah digital untuk K1-K12, paket try out, video belajar dan komik literasi untuk anak sekolah hingga ke seluruh pelosok indonesia.
    Info lanjut di www. kipin.id || [email protected] || pendidikan.id
Working...
X