Announcement

Collapse
No announcement yet.

Solusi Pemerataan Pendidikan di Daerah Terpencil

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Solusi Pemerataan Pendidikan di Daerah Terpencil


    Dua guru berbagi ruang kelas dalam proses belajar mengajar. (Foto: Dok. Okezone)

    Sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia adalah berdasarkan kurikulum nasional. Saat ini, terdapat dua kurikulum yang diterapkan, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006 dan Kurikulum 2013.
    Pada praktiknya, tidak semua daerah di Tanah Air mampu menjalankan kurikulum nasional dengan baik. Di daerah Pegunungan Tengah Papua misalnya, baik siswa dan guru sering kesulitan dalam melakukan proses belajar mengajar lantaran sarana yang terbatas, termasuk sumber daya manusia (SDM) di sana. Melihat hal tersebut Wahana Visi Indonesia (WVI) merancang model pendidikan kontekstual berbasis kearifan lokal.
    "Pendidikan Nusantara merupakan model pendidikan kontekstual. Nah, pendidikan kontekstual adalah model pembelajaran yang menempatkan hubungan antara materi pembelajaran dengan realitas kehidupan peserta didik sehari-hari," tutur Education Specialist WVI, Nurman Siagian di Gedung 33, Jakarta, Kamis (28/4/2016).
    Nurman menjelaskan, pendidikan kontekstual dikembangkan bersama masyarakat dan mitra di daerah binaan WVI. Meski menggunakan bahasa lokal dan modul berbeda, materinya tetap disesuaikan dengan kurikulum nasional yang sudah ditetapkan pemerintah.
    "Jadi model ini dikembangkan dengan alam, lingkungan, karakteristik anak, budaya, dan agama setempat. Kemudian dibuat modul sederhana yang berisi berbagai kegiatan sebagai turunan dari silabus. Para guru didampingi membuat skenario suatu kegiatan pembelajaran," ujarnya.
    Hasilnya, kata dia, meliputi pembelajaran sambil bernyanyi, jelajah alam, bermain bersama, puisi, dan lain sebagainya. Setelah itu akan dilakukan evaluasi dan disusun menjadi modul.
    "Modul tersebut untuk guru. Kami mengundang perwakilan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) untuk ikut mengkaji. Setelah itu kami baru berani menyebarkan untuk replikasi," terangnya.
    Salah satu model pendidikan kontekstual yang diterapkan WVI adalah Pakima Hani Hano di daerah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Dari hasil evaluasi program selama satu tahun, terjadi beberapa perubahan, seperti peningkatan kemampuan baca, penurunan tingkat kekerasan verbal di sekolah, dan kenaikan rasa aman pada anak.

    Tribunnews

    //
    Media belajar SI KIPIN sebagai digital library. Menyediakan ribuan buku sekolah digital untuk K1-K12, paket try out, video belajar dan komik literasi untuk anak sekolah hingga ke seluruh pelosok indonesia.
    Info lanjut di www. kipin.id || [email protected] || pendidikan.id
Working...
X