Announcement

Collapse
No announcement yet.

11 Tips Pola Asuh Anak Zaman Now untuk Meraih Kesuksesan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 11 Tips Pola Asuh Anak Zaman Now untuk Meraih Kesuksesan

    Terlibatnya anak dalam sejumlah kasus menonjol belakangan ini membuat hati para orang tua miris dan sedih. Terutama, ketika diketahui seorang anak ikut serta diajak orang tua mereka meledakkan bom bunuh diri dalam aksi teror di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kasus itu, peran orang tua tentu dipertanyakan.

    Kasus lainnya, ada anak yang membakar rumahnya, anak yang bunuh diri loncat dari apartemennya, anak remaja berumur 16 tahun yang memperkosa anak 12 tahun serta anak yang menghina Presiden Joko Wododo dengan kata-kata yang tidak pantas. Peran orang tua seharusnya bisa berada di garda paling depan dalam membentengi pendidikan moral dan mental anak.

    "Sepertinya ada sesuatu yang salah terjadi pada anak-anak kita. Peran orang tua sangat besar kenapa hal ini terjadi pada anak-anak kita," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Praktisi Klinis Dr. Ari Fahrial Syam. Keluarga merupakan lingkungan utama dalam mempersiapkan anak menuju kesuksesan. Orang tua tidak boleh melepaskan perhatiannya (ISSAK RAMADHAN/JAWA POS) Menurut Ari, anak merupakan penentu masa depan keluarga dan penentu masa depan bangsa. Menurut UU nomor 35 tahun 2014 yang merupakan perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, bahwa anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk anak yang masih dalam kandungan. Sedang definisi perlindungan anak menurut UU Tentang Perlindungan anak tersebut adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpatisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

    "Ajaran agama pun telah mengingatkan kepada para orang tua bahwa anak merupakan amanah dari Allah SWT kepada para orang tua. Oleh karena itu jelas bahwa anak harus dipersiapkan dengan baik," tegas Ahli Endoskopi itu.

    Ari menambahkan berbagai berita sukses maupun kegagalan dalam mendidik anak selalu kita lihat dan dengar disekitar kita. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan utama dalam mempersiapkan anak menuju kesuksesan di masa depan. Setelah itu tentu lingkungan sekolah dan lingkungan bermain serta kondisi masyarakat dan lingkungan juga berpengaruh dalam membentuk perkembangan anak.

    source: JawaPos

    //

    KIPIN si Kios Pintar yang berisi buku sekolah digital untuk kelas 1-12. Tersedia juga video, tryout soal dan komik. Sebagai solusi pemerataan pendidikan di seluruh pelosok Indonesia. Akses offline tidak perlu jaringan internet. Info lanjut di www.kipin.id || info@pendidikan.id || www.pendidikan.id
Working...
X