Announcement

Collapse
No announcement yet.

Ini 5 Manfaat Psikologis Pelajari Bahasa Asing

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Ini 5 Manfaat Psikologis Pelajari Bahasa Asing

    Sudah tidak diragukan lagi bahwa mempelajari bahasa asing dapat mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan, masuk universitas impian, memperluas lingkar pertemanan, dan lain-lain.
    Jangan berhenti sampai di situ saja, mempelajari bahasa asing juga memiliki manfaat psikologis yang tidak diduga-duga, salah satunya kamu bisa lebih bahagia, lho.
    Berikut 5 manfaat psikologis yang bisa kamu dapatkan dari mempelajari bahasa asing. 1. Memenuhi rasa pencapaian diri (self-accomplishment)

    Perasaan ini akan kamu dapatkan ketika berhasil mempelajari atau menghapal beberapa kosakata baru. Perasaan tercapai ini bisa menjadi bahan bakar untuk mengerjakan prioritas lain yang lebih penting, seperti pekerjaan atau sekolah.

    Rasanya menyenangkan memiliki hal sederhana untuk dikerjakan, terlebih ketika kamu menyiapkan reward.
    2. Meningkatkan rasa percaya diri

    Rasa percaya diri otomatis muncul ketika menguasai sebuah keahlian. Proses mempelajari bahasa asing juga akan membantumu lebih yakin dalam mengambil keputusan, berpikiran terbuka, dan berani melawan rasa takut. Selain itu, orang yang pandai berbahasa asing terlihat lebih menarik, bukan?
    3. Membuatmu bahagia

    Beberapa peneliti di Spanyol dan Jerman menemukan bahwa proses mempelajari sebuah bahasa baru dan memperluas kosa kata memberikan efek rangsangan di bagian otak yang sama seperti ketika makan makanan manis. Kamu akan merasa lebih bahagia!
    4. Membuatmu cepat tanggap

    Sebuah studi di Universitas Pompeu Fabra, Spanyol, menyimpulkan bahwa orang-orang yang fasih berbicara multibahasa lebih cermat dalam memerhatikan lingkungan di sekeliling mereka.

    Mereka lebih mampu fokus pada informasi yang relevan dan membuang yang tidak. Jadinya, mereka lebih mudah untuk menemukan informasi yang menyesatkan. Kamu jadi gampang mendeteksi hoaks.
    5. Mengurangi resiko penyakit Dementia dan Alzheimer

    Beberapa penelitian memiliki kesimpulan yang konsisten bahwa orang yang berbicara banyak bahasa dapat memperlambat terkena penyakit Dementia dan Alzheimer.

    Ini dikarenakan fungsi otak mereka tetap aktif. Fungsi-fungsi kognitif seperti daya ingat, kemampuan multi-tasking, penyelesaian masalah, dan lain-lain akan meningkat

    Nah, tidak hanya membuat bahagia, mempelajari bahasa asing juga membantu kamu dalam meningkatkan kualitas diri dan hidup.

    Selain itu, kini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mempelajari bahasa asing. Kemajuan teknologi telah mempermudahmu untuk mengakses kursus bahasa asing secara gratis dan mudah.


    sumber: idntimes.com





  • #2
    Alhamdulillah, saya mempelajari 3 bahasa asing (termasuk bahasa Inggris) dan manfaat-manfaat di atas memang saya rasakan...

    Comment

    Working...
    X