Announcement

Collapse
No announcement yet.

Agoda Gandeng Taman Bacaan Pelangi Buka Perpustakaan di NTT

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Agoda Gandeng Taman Bacaan Pelangi Buka Perpustakaan di NTT

    Ekspresi tak sabar, penasaran, dan antusias terlihat dari wajah-wajah polos puluhan murid SDN Rangga Watu, Manggarai Barat, NTT, sejak pagi. Mereka berkerumun di depan ruangan berdinding pink, hijau, dan kuning yang tampak baru dicat. Bangunan itu merupakan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi yang diresmikan hari itu.

    Begitu perpustakaan resmi dibuka, ditandai dengan pemotongan pita oleh Gede Gunawan, country director agoda International Indonesia dan Nila Tanzil, founder Taman Bacaan Pelangi, anak-anak masuk dengan tertib.

    Setelah memilih buku favorit masing-masing, anak-anak lantas duduk memperhatikan Gede mendongeng. Cara Gede mendongeng yang ekspresif membuat anak-anak antusias. Mereka tertawa dan ikut berpikir saat Gede melontarkan pertanyaan. Raut wajah mereka menunjukkan jika mereka terhibur.



    Gede Gunawan, Country Director Agoda International Indonesia bersama anak-anak di Taman Bacaan Pelangi (Nora Sampurna)



    Di akhir mendongeng, Gede menyampaikan pentingnya membaca buku. ”Lewat buku, adik-adik bisa melihat dunia luar, tidak sebatas apa yang ada di sekeliling. Saya dulu waktu kecil juga senang baca. Adik-adik kalau mau sukses harus rajin baca ya,” tuturnya yang disambut meriah anak-anak.

    Angel, murid kelas 3 SDN Rangga Watu amat gembira sekolahnya punya perpustakaan baru. ”Senang sekali. Tempatnya warna-warni, saya makin bersemangat baca,” ucapnya sembari memilih buku cerita tentang hewan yang jadi favoritnya.

    Selain murid-murid SDN Rangga Watu, ada 18 duta baca anak dari sembilan sekolah di pelosok Indonesia Timur yang turut bergabung. Mereka datang dari Sumbawa, Alor, bahkan Raja Ampat, Papua. Mereka dihadirkan dalam rangkaian CSR Trip agoda serta pembukaan perpustakaan di SDN Rangga Watu. Sebelumnya, ke-18 duta baca anak diajak berwisata sekaligus belajar ke tempat habitat komodo Pulau Rinca, serta refreshing ke Pulau Kanawa.

    Pendidikan merupakan kunci agar anak-anak Indonesia memiliki masa depan yang lebih cerah. Namun faktanya, akses dan fasilitas pendidikan belum merata. Demi memajukan pendidikan terutama di Indonesia Timur, pihaknya mendonasikan Rp500 juta yang diwujudkan lewat kolaborasi dengan Taman Bacaan Pelangi untuk mendirikan perpustakaan di kawasan timur Indonesia. ”Fasilitas perpustakaan dan buku-buku yang berkualitas bisa memperluas wawasan anak-anak dan membuat mereka berani bercita-cita tinggi,” papar Gede.

    Sementara itu, Nila menceritakan, perpustakaan SDN Rangga Watu hasil kerja sama dengan Agoda tersebut merupakan Taman Bacaan Pelangi (TBP) yang ke-58. Selain mengembangkan perpustakaan di sekolah-sekolah, program ini juga memberikan pelatihan bagi tenaga pengajar untuk menumbuhkan minat baca anak dan mengelola perpustakaan.


    source: JawaPos


    //
    Media belajar SI KIPIN sebagai digital library. Menyediakn ribuan buku sekolah digital untuk K1-K12, paket try out, video belajar dan komik literasi untuk anak sekolah hingga ke seluruh pelosok indonesia.
    Info lanjut di www. kipin.id || info@pendidikan.id || pendidikan.id
Working...
X