Announcement

Collapse
No announcement yet.

Guru Harus Cepat Beradaptasi dengan Dinamika Kemajuan Teknologi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Guru Harus Cepat Beradaptasi dengan Dinamika Kemajuan Teknologi



    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat terutama guru dan tenaga kependidikan untuk mulai menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat dan dinamis. Pasalnya, teknologi berpengaruh besar dalam mengubah tatanan sosial dan pendidikan. Datangnya era Revolusi Industri 4.0 menuntut guru untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan.

    Muhadjir menegaskan, era Revolusi Industri 4.0 bertumpu pada cyber-physical system. Dengan demikian, para pelaku pendidikan dan kebudayaan harus siap dengan agenda reformasi sekolah yang sedang diterapkan pemerintah. Reformasi tersebut di antaranya dengan melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi guru, penerapan kurikulum pendidikan yang dinamis dan membangun sarana dan prasarana sekolah.

    “Profesionalisme guru terus diperbaiki, sarana dan prasarana yang andal terus dibangun serta teknologi pembelajaran yang muktakhir menjadi keniscayaan pendidikan nasional,” ucap Muhadjir dalam upacara perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu 2 Mei 2018.

    Muhadjir menegaskan, penguatan pendidikan juga harus dibarengi dengan memajukan sektor kebudayaan. Menurut dia, kebudayaan akan menjadi ruh dalam menyelenggarakan pendidikan nasional yang sesuai dengan kebutuhan bangsa Indonesia. “Kami yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

    Muhadjir menyatakan, guru, orang tua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak Indonesia. Hal tersebut bisa terwujud jika nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, dan gotong royong terawat dengan baik.

    source: Pikiran-Rakyat

    //

    KIPIN si Kios Pintar yang berisi buku sekolah digital untuk kelas 1-12. Tersedia juga video, tryout soal dan komik. Sebagai solusi pemerataan pendidikan di seluruh pelosok Indonesia. Akses offline tidak perlu jaringan internet. Info lanjut di www.kipin.id || info@pendidikan.id || www.pendidikan.id
Working...
X