Announcement

Collapse
No announcement yet.

10 Ungkapan Inspiratif Rayakan Hari Buku Nasional 2018

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • 10 Ungkapan Inspiratif Rayakan Hari Buku Nasional 2018



    Hari pertama puasa Ramadan tahun 2018 ini bertepatan dengan Hari Buku Nasional, 17 Mei. Hari Buku Nasional berbeda dengan Hari Buku Sedunia (World Book Day). Sudah tahu belum sejarahnya?

    Hari Buku Sedunia diperingati tiap 23 April, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1995 dan diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa melalui UNESCO untuk mempromosikan kegemaran membaca, serta penerbitan hak cipta pada masyarakat seluruh dunia.
    Sedangkan Hari Buku Nasional, sudah ada sejak 1980 silam, yang menandai momentum peresmian Perpustakaan Nasional oleh Menteri Pendidikan RI pada masa itu, Bapak Abdul Malik. Tujuannya tentu saja meningkatkan kecintaan membaca khususnya masyarakat Indonesia.

    Bukan rahasia lagi, minat baca masyarakat Indonesia sangat menyedihkan. Menurut studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, minat baca masyarakat Indonesia ranking ke-60 dari 61 negara. Peringkat itu di atas Botswana (61) dan di bawah Thailand (59).

    UNESCO juga pernah memaparkan bahwa indeks minat baca kita adalah 0,0001 persen. Artinya, dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 yang rajin membaca. Padahal, membaca adalah pintu dan jendela bagi terbukanya wawasan melihat dunia. Orang-orang yang berhasil menjadi tokoh dunia hampir bisa dipastikan mereka gemar membaca. Sebagian bahkan mewariskan karya dalam bentuk tulisan maupun buku yang membuat namanya dikenang sepanjang masa.

    Untuk mengingatkan kembali kesadaran akan pentingnya membaca, berikut ini beberapa quote dari para tokoh tentang buku dan membaca.

    1. "Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” - Mohammad Hatta

    2. “Bacalah satu bab dari bukuku, bentangkan rahasia tenaga ciptaan darinya.” – Rumi

    3. “Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya.” – Ali bin Abi Thalib

    4. "Buku adalah warisan yang ditinggalkan oleh jenius besar bagi umat manusia, yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai hadiah kepada anak cucu yang belum lahir." - Joseph Addison
    5. "Membaca buku-buku yang baik berarti memberi rohani makanan yang baik." - Buya Hamka.

    6. "Aku rasa, televisi itu sangat mendidik. Begitu seseorang menyalakannya, aku pergi ke perpustakaan dan membaca buku." - Groucho Marx

    7. "Ada banyak cara kecil untuk meluaskan dunia anak-anak. Cinta buku adalah yang terbaik dari segalanya." - Jacqueline Kennedy

    8. "Pakai baju lama dan beli buku baru." - Austin Phelps

    9. "Kau mungkin punya harta tak berhingga
    Tumpukan emas dan permata
    Aku takkan pernah lebih kaya daripadamu
    Tapi, aku punya ibu yang membacakan buku untukku." - Strickland Gillilan

    10. "Cinta sepanjang hayatku dengan buku dan membaca tidak terganggu oleh komputer, mesin-mesin otomatis, dan segala macam perangkat abad ke dua puluh." - Robert Downs (Books in My Life)

    Dari beberapa ungkapan tentang buku tersebut, mana yang paling menyentuh? Kira-kira sambil menjalankan ibadah puasa kali ini, buku apa yang sedang kamu baca?

    source: Viva

    //
    KIPIN si Kios Pintar yang berisi buku sekolah digital untuk kelas 1-12. Tersedia juga video, tryout soal dan komik. Sebagai solusi pemerataan pendidikan di seluruh pelosok Indonesia. Akses offline tidak perlu jaringan internet. Info lanjut di www.kipin.id || info@pendidikan.id || www.pendidikan.id
    Gerakan literasi dengan komik dari pendidikan.id gratis: http://komik.pendidikan.id/online/
Working...
X