Announcement

Collapse
No announcement yet.

Makanan Khas Sidoarjo yang Gurih dan Lezat Wajib Anda Coba

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Makanan Khas Sidoarjo yang Gurih dan Lezat Wajib Anda Coba

    Makanan Khas Sidoarjo - Anda pasti akan berfikir lumpur lapindo saat mendengar Sidoarjo. Yap, memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau lumpur lapindo saat ini sudah menjadi gambaran bahkan sebagai ikon untuk kota Udang ini.

    Nah kali ini mimin tidak membahas mengenai lumpur lapindo ya, tapi mimin akan membahas makanan khas Sidoarjo yang sangat digandrungi banyak orang ketika singgah di Kota Sidoarjo ini. Berikut ini adalah makanan khas Sidoarjo yang bisa Anda temui saat berkunjung di Sidoarjo. Lontong Kupang




    Nah ini makanan yang paling khas banget di Sidoarjo yaitu "Lontong Kupang". Pasti rugi jika Anda berkunjung di Sidoarjo tapi belum mencicipi nikmatnya dan lezatnya makanan khas Sidoarjo ini.

    Makanan khas ini komposisi yaitu lontong, kupang, lentho dan ditambahkan kuah kupang. Dalam penyajiannya makanan khas ini dengan memasukkan irisan lontong dan lentho kedalam piring, kemudian di tuangkan dengan kuah dari kupang dan ditmbahkan bumbu petis serta bawang putih. Bandeng Asap




    Makanan khas Sidoarjo ini menjadi salah satu komoditi utama dalam produk olahan perikanan di kota Sidoarjo. Selain kerupuk udang, bandeng presto, petis dan telur asin.

    Bandeng asap ini dibuat dengan cara yang tergolong unik dan khas yaitu melalui proses pengasapan. Setelah diasap dan dipilah kemudian bandeng sap ini siap dijajakan dan dikemas dalam box. Biasanya juga ditambahkan saus agar lebih nikmat lagi. Bandeng Presto




    Sidoarjo memang salah satu kota penghasil ikan bandeng paling banyak, sehingga banyak juga masakan yang berbahan utama dari bandeng, salah satunya yaitu bandeng presto ini.

    Bandeng presto merupakan makanan yang berbahan utama dari ikan bandeng dan dimasak dengan cara di presto. Presto sendiri merupakan cara memasak dengan menggunkan uap air yang bertekanan tinggi.

    Bandeng Presto Sidoarjo memliki cita khas tersendiri dibanding dengan bandeng presto daerah lain, sehingga dengan ke khasannya sendiri banyak digemari orang-orang. Selain aroma dan rasanya yang sangat menggugah selera makan, Anda tidak perlu repot-repot lagi saat memakannya, karena duri-durinya sudah dibersihkan. Petis




    Pasti Anda semua sudah tau petis kan? Petis merupakan masakan yang terbuat dari cairan sisa perebusan ikan. Kemudian cairan tersbut dipanaskan sampai cairan kuah menjadi kental seperti saus namun lebih padat lagi.

    Meskipun banyak daerah-daerah yang menghasilkan petis, tetapi masakan satu ini lebih dikenal sebagai makanan khas Sidoarjo. Petis dari Sidoarjo ini paling banyak di produksi di Desa Balangdowo. Masakan ini paling cocok dihidangkan dengan lontong kupang dan aneka gorengan.

    Nah, itulah makanan khas Sidoarjo yang paling populer di masyarakat Indonesia. Makanan khas tersebut biasanya juga dijadikan sebagai menu utama dalam catering sidoarjo, karena masakan nya yang khas dan lezat sehingga banyak diminati. Selamat mencoba!
    Website ini memeberikan berbagai informasi yang bermanfaat dan juga menyediakan beragam artikel yang menarik.
    Last edited by rezeki; 20-12-18, 09:00 AM.
Working...
X