Announcement

Collapse
No announcement yet.

Isi Tritura Lengkap

Collapse
X
 
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Isi Tritura Lengkap

    Latar Belakang TRITURA

    Naiknya Letnan Jenderal Soeharto ke kursi kepresidenan tidak dapat dilepaskan dari peristiwa Gerakan 30 September 1965 atau G 30 S PKI. Ini merupakan peristiwa yang menjadi titik awal berakhirnya kekuasaan Presiden Soekarno dan hilangnya kekuatan politik PKI dari percaturan politik Indonesia. Peristiwa tersebut telah menimbulkan kemarahan rakyat.


    Keadaan politik dan keamanan negara menjadi kacau, keadaan perekonomian makin memburuk dimana inflasi mencapai 600% sedangkan upaya pemerintah melakukan devaluasi rupiah dan kenaikan menyebabkan timbulnya keresahan masyarakat.


    [justify]Ketika gelombang demonstrasi menuntut pembubaran PKI semakin keras, pemerintah tidak segera mengambil tindakan. Keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama Bahan bakar minyak (BBM). Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari 1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura.[/justify]


    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Sejarah PPKI : Pengertian, Tugas, Anggota, Sidang Lengkap
    Isi Tritura
    • Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
    • Perombakan kabinet Dwikora
    • Turunkan harga sembako





    Tuntutan Isi Tritura pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September). Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak.

    Pada tanggal 21 Februari 1966 Presiden Soekarno mengumumkan reshuffle kabinet. Dalam kabinet itu duduk para simpatisan PKI. Kenyataan ini menyulut kembali mahasiswa meningkatkan aksi demonstrasinya. Tanggal 24 Februari 1966 mahasiswa memboikot pelantikan menteri-menteri baru. Dalam insiden yang terjadi dengan Resimen Tjakrabirawa, Pasukan Pengawal Presiden Soekarno, seorang mahasiswa Arif Rahman Hakim meninggal. Pada tanggal 25 Februari 1966 KAMI dibubarkan, namun hal itu tidak mengurangi gerakan-gerakan mahasiswa untuk melanjutkan Tri Tuntutan Rakyat (Tritura).

    Rentetan demonstrasi yang terjadi menyuarakan Maksud Dari Isi Tritura akhirnya diikuti keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) oleh Presiden Soekarno yang memerintahkan kepada Mayor Jenderal Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban.


    Tokoh Tritura

    Tokoh tritura itu merupakan tokoh tokoh yang terlibat dalam peristiwa G30S PKI adalah sebagai berikut :

    1. Chaerul Saleh

    Chaerul Saleh merupakan pejuang dan tokoh politik Indonesia yang pernah menjabat sebagai menteri, wakil perdana menteri, dan ketua MPRS antara tahun 1957 sampai 1966. Salah satu pemuda yang menculik Soekarno dan Hatta dalam Peristiwa Rengasdengklok (meninggal 1967 sebagai tahanan).

    2. D.N. Aidit

    D.N. Aidit merupakan ketua PKI (meninggal dibunuh 1965).

    3. Lettu Doel Arif

    Lettu Doel Arif merupakan tokoh kunci dalam penculikan jenderal-jenderal Angkatan Darat yang diduga akan membentuk Dewan Jenderal oleh PKI dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965 (hilang).

    4. Lukman Njoto

    Lukman Njoto merupakan Menteri Negara pada masa pemerintahan Soekarno dan wakil Ketua CC PKI yang sangat dekat dengan D.N. Aidit (ditangkap 1966 dan hilang).

    5. Ibnu Parna

    Ibnu Parna merupakan politisi fraksi PKI, pemimpin Partai Acoma, dan aktivis buruh (dibunuh).

    6. Muhammad Arief

    Muhammad Arief merupakan pencipta lagu “Genjer-genjer” (dibunuh).

    7. M.H. Lukman

    M.H. Lukman merupakan Wakil Ketua CC Partai Komunis Indonesia. (dihukum mati 1965).

    8. Ir. Sakirman

    Ir. Sakirman merupakan petinggi Politbiro CC PKI dan kakak kandung dari Siswondo Parman, salah satu korban yang diculik meninggal dalam peristiwa G30S (hilang).

    9. Brigjen Soepardjo

    Brigjen Soepardjo merupakan Komandan TNI Divisi Kalimantan Barat yang memiliki peran penting dalam peristiwa Gerakan 30 September (dihukum mati).

    10. Sudisman

    Sudisman merupakan anggota Politbiro CC PKI (dihukum mati).

    11. Syam Kamaruzzaman

    Syam Kamaruzzaman merupakan tokoh kunci G30S dan orang nomor satu di Politbiro PKI yang bertugas membina simpatisan PKI dari kalangan TNI dan PNS (dijatuhi hukuman mati 1968, dieksekusi 1986).

    12. Letkol Untung Syamsuri

    Letkol Untung Syamsuri merupakan Komandan Batalyon I Tjakrabirawa yang memimpin Gerakan 30 September pada tahun 1965 (dihukum mati 1969).

    13. Trubus Soedarsono

    Trubus Soedarsono merupakan pematung dan pelukis naturalis Indonesia (dibunuh).

    14. Wikana

    Wikana merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia, bersama Chaerul Saleh dan Sukarni termasuk dalam pemuda yang menculik Soekarno dan Hatta dalam Peristiwa Rengasdengklok. (hilang)
    Isi Tritura : Latar Belakang Tritura, Tokoh, Tujuan, Dampak, Aksi - Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah
Working...
X