Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

    Pengertian Akuntansi Secara Umum

    Akuntansi adalah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta dalam kejadian yang berhubungan dengan keuangan yang sehingga bisa digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.



    Kata Akuntansi berasal dari kata asing yaitu accounting yang artinya jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia yaitu menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi ini digunakan di hampir semua kegiatan bisnis di seluruh dunia dalam mengambil keputusan sehingga bisa disebut sebagai bahasa bisnis.



    Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli


    1. Pengertian Akuntansi Menurut ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

    Mendefinisikan Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

    2. Pengertian Akuntansi Menurut Ikatan Akuntan Amerika

    Menyatakan bahwa Akuntansi adalah suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.

    3. Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

    Akuntansi adalah suatu proses pengindentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

    4. Pengertian Akuntansi Menurut Soemarsono S.R (2004)

    Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

    5. S. Munawir (2005 )

    Akuntansi adalah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian bersifat keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

    6. Henry Simamora (2005)

    Akuntansi adalah proses pengukuran aktivitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

    7. Sofyan Harahap (2005)

    Akuntansi adalah sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil kesimpulan oleh para pemakainya.1

    8. Zaki Baridwan (2000)

    Akuntasi adalah suatu kegiatan jasa, fungsinya adalah memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang memiliki sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memiliki alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.

    9. Suparwoto L

    Akuntasi adalah sebagai suatu teknik atau sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Pihak eksternal mencakup investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain sebagainya.

    10. Paul Grady

    Akuntansi adalah sebagai tubuh dari ilmu pengetahuan serta fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan original dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, mengintepretasi seluruh transaksi dan kejadian serta karakters keuangan yang terjadi dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuan menyediakan informasi yang berarti dibutuhkan manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

    11. Mulyadi

    Akuntansi berfungsi sebagai alat mencatat dan menyajikan laporan keuangan untuk mempermudah manajemen dalam mengelola perusahaan.

    12. Littleton (Muhammad, 2002:10)

    Akuntansi adalah perhitungan komparasi antara biaya-biaya yang terjadi sebagai sebuah usaha dengan pencapaian hasil yang merupakan prestasi atas usaha tersebut.

    13. Pengertian Akuntansi Menurut Financial Accounting Standars Board (FASB)

    Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

    14. Pengertian Akuntansi Menurut Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

    Akuntansi adalah sebagia suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

    15. Pengertian Akuntansi Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

    Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Dalam artian, akuntansi adalah seni mencatat, menggolongkan dan menyusun ikhtisar kejadian atas transaksi keuangan yang selanjutnya disajikan dalam laporan keuangan.
    √ 45 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Dan ( Fungsi, Jenis, Tujuan ) - Akuntansi adalah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah
Working...
X