Announcement

Collapse
No announcement yet.

Ini 6 Cara Sederhana Bagi Kamu yang Ingin Mengetahui Arah Mata Angin

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Ini 6 Cara Sederhana Bagi Kamu yang Ingin Mengetahui Arah Mata Angin

    Berikut redaksi ABe merangkum tips menentukan arah mata angin tanpa bantuan kompas.
    1. Kompas sederhana

    Kompas Sederhana via fridaygo.blogspot.com Cara pertama yang sebetulnya udah umum buat kamu yang ingin menentukan arah, yaitu kamu bisa membuat kompas sederhana. Kalau gak salah, cara ini diajarkan sewaktu kita SD. Nah, bagi kamu yang belum tahu atau lupa gimana cara mebuatnya. Its simple kok. Karena cara ini hanya bermodalkan sebuah jarum atau silet dan gabus. Caranya adalah kamu gosok bagian ujung silet atau silet itu ke permukaan kering, kemudian kamu tusuk ke gabus. Setelah itu, gabungan jarum dan gabus tersebut kamu letakkan di atas permukaan air, sehingga terlihat mengapung. Nah, dari situ kamu bisa melihat arah kompas karena ujung dari silet atau jarum tersebut akan menunjuk ke arah utara atau selatan.
    2. Melihat kuburan Muslim dan Nasrani

    Pemakaman via arifinbadri.com Cara yang ini sepertinya agak horror hehe tapi kamu jangan malah takut karena kuburan akan menunjukkan arah mata angin jikalau kamu tersesat dan tidak tahu arah. Jadi gini, posisi kuburan Muslim dan Nasrani itulah yang akan membantu kamu. Biasanya bagian nisan selalu menghadap ke arah barat. Nah, dari sinikan kamu bisa jadikan patokan buat menentukan arah yang lain.
    3. Posisi matahari dan jam tangan

    Posisi Matahari simomot.com Masih bingung untuk menentukan arah mata angin sementara kamu sedang tersesar di tengah hutan yang tertutup. Jangan khawatir, masih ada cara untuk mencari jalan. Cobalah untuk melihat jam tanganmu dan perhatikanlah di mana posisi matahari. Seperti dilansir dari simomot.com. Penulisan 12 jam yang membulat mengikuti arah pergerakan matahari yang terbit dari timur dan tenggelam di barat. Jadi, setelah melihat jam, segera menghadap ke matahari. Jadikan posisi matahari yang terbit di timue sebagai patokan dasar. Kamu pun bisa menentukan arah selanjutnya dengan menggunakan jam tangan.
    4. Arah dari bayangan benda

    Bayangan Benda via soscilla.blogspot.com Ini cara mudah yang masih menggunakan bantuan cahaya matahari. Jika suatu ketika kamu tersesat di siang hari, letakkan benda tegak misalnya tongkat, atau ranting pohon di atas permukaan tanah. Selanjutnya kamu tinggal melihat arah bayangan benda tersebut. Jika saat itu sedang siang menuju sore, maka bayangan benda akan condong ke barat. Sebaliknya jika kala pagi menjelang siang, maka bayangan benda biasanya condong ke arah timur.
    5. Pohon besar yang membantu

    Pohon Gede via kulit2kacang.blogspot.com Selanjutnya jika kamu tersesat saat waktu malam dan tidak ada matahari yang bisa membantu menentukan arah. Jangan khawatir dan panik. Cobalah cari pohon yang memiliki batang besar. Kemudian perhatikanlah setiap sisi dari batang pohon tersebut. Biasanya sisi pohon yang terkena sinar matahari dan tidak berlumut menunjukkan arah barat. Jika saat itu kamu kesulitan menemukan sisi pohon yang tidak berlumut. Kamu juga bisa dengan merasakan suhu dari batang pohon tersebut. Carilah sisi pohon yang terasa hangat. Maka bagian pohon tersebut akan menunjukkan arah barat.
    6. Bintang Orion si penunjuk arah

    Bintang Orion via mymistyland.blogspot.com Buat kamu yang tersesat di malam hari terus kamu tidak dapat menemukan keberadaan pohon-pohonan. Ini ada cara yang mungkin bisa membantu. Kamu bisa memanfaatkan langit untuk memberitahukanmu ke mana arah mata angin. Jika saat itu langit sedang ditaburi oleh bintang-bintang. Carilah rasi bintang orion, yaitu rasi bintang yang merupakan perpaduan dari tiga bintang terang. Ketiga perpaduan bintang terang tersebut membentuk ekor kalajengking dan selalu menunjukkan arah barat.

    Source: AyoBuka Blog

    ​​
    //
    Karir dalam dunia teknologi sekarang memiliki potensial pendapatan yang paling besar, bila anda tertarik untuk lebih sukses hubungi segera bebas resiko beBIT Academy di info@bebit.id (Bpk. Suwanto - academybebit@gmail.com ) atau telp. 021-5494049
    Kami akan kirimkan paket informasi yang akan merubah jenjang sukses karir anda.

  • #2
    7. Melihat Masjid
    Di Indonesia biasanya masjid menghadap ke barat karena kiblatnya di barat.

    Comment

    Working...
    X