
Metode yang menekankan pemahaman konsep dan penguasaan kompetensi mendalam disebut sebagai Deep Learning. Mendikdasmen Abdul Mu’ti menegaskan pentingnya pendekatan Deep Learning dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia karena berfokus pada pemahaman mendalam dan pengaplikasian konsep secara lebih baik. Pembelajaran mendalam tersebut dapat dicapai melalui 3 elemen utama yaitu Meaningful Learning, Mindful Learning, dan Joyful Learning.
Bagi instansi pendidikan, dalam metode Deep Learning atau pembelajaran mendalam membutuhkan perlakuan berbeda dan khusus untuk masing-masing jenjang. Sedangkan dalam sebuah kegiatan pembelajaran, psikologi siswa tentunya menjadi faktor penting untuk dipahami agar memaksimalkan efektivitas Deep Learning.
Beruntungnya dalam era digital saat ini, para pengajar dapat terfasilitasi dengan baik. Kipin sebagai EduTech penyedia fasilitas pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan termasuk tingkat kecil seperti prasekolah dan sekolah dasar, dikembangkan untuk mendukung efektivitas pembelajaran mendalam di kelas. Mari simak bagaimana pembelajaran dapat menjadi sangat menyenangkan untuk siswa!

Fun Learning in Class : Mengasah 6 Literasi Dasar Anak
Siswa dikondisikan untuk menikmati serunya belajar sambil bermain, yang juga merangsang kemampuan motorik mereka. Tidak hanya mengakrabkan anak dengan aktivitas membaca, menulis, dan berhitung, namun juga 6 literasi dasar anak melalui konten konten edukasi pada Kipin.
Fun Learning in Class : Story Telling
Guru menugaskan atau mengajak siswa bersama-sama membaca buku-buku cerita yang tersedia melimpah di Kipin. Setelahnya, siswa diajak untuk melakukan aktivitas story telling di depan kelas dan teman-temannya. Dengan demikian akan mengembangkan kemampuan berbahasa, mendengarkan, menyimak dan fokus. Kepercayaan diri anak terlatih, juga kemampuan komunikasi, dan masih banyak lagi.
Menurut Jerome Bruner, seorang psikolog Amerika yang memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan, Struktur cerita memudahkan anak menyimpan dan menghubungkan informasi secara bermakna dalam memori jangka panjang. Bentuk cerita akan memberikan konteks yang jelas dan relatable, sehingga anak bisa memahami konsep yang sulit sekalipun melalui narasi yang sederhana.

Fun Learning in Class : Kompetisi Menggambar
menggambar dan mewarnai pada Kipin, anak dapat menggambar dan mewarnai secara digital sepuasnya dan sebanyak-banyaknya tanpa perlu khawatir biaya buku gambar dan alat gambar. Kegiatan belajar ini menjadikan anak kreatif, imajinatif, dan meningkatkan jiwa kompetitif mereka.
Fun Learning in Class : Kompetisi Quiz Estafet
Kompetisi ini bisa diterapkan guru untuk siswa minimal tingkat 1 SD. Yaitu kompetisi mengerjakan soal secara estafet. Siswa akan dibagi menjadi beberapa tim, dan bergantian mengerjakan paket soal yang terdapat pada menu “Latihan Soal” Kipin. Tim yang memperoleh score paling tinggi adalah pemenangnya! Dengan demikian akan mengasah kemampuan berpikir anak, meningkatkan konsentrasi, juga kemampuan kerjasama dalam tim.
Media Sharing Internal
Guru dapat mengunggah video atau dokumen digital ke Kipin yang meningkatkan rasa percaya diri anak, dan menginspirasi dengan memanfaatkan fitur media sharing internal untuk mengapresiasi prestasi bahkan pencapaian kecil sehari-hari mereka.
Fun Quiz and Survey
Bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran dengan Kipin PTO yang disesuaikan kebutuhan. Tidak hanya evaluasi atau ujian, namun termasuk model survei untuk mengumpulkan data dan suara yang berguna untuk peningkatan metode belajar dikemudian hari, yang lebih sesuai untuk para siswa.

Guru yang kreatif tentunya menjadi ujung tombak dan penentu hasil pembelajaran yang terjadi di kelas. Fasilitas Kipin mampu menjadi andalan guru dalam mewujudkan capaian pembelajaran melalui berbagai metode. Baca lebih lengkap seputar pemanfaatan Kipin untuk sekolah tingkat kecil pada: https://bit.ly/kipintingkatkecil
Kontak Kipin
Web : kipin.id
Email : [email protected]
WA Chat : wa.me/6281233601047