Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

EDTECH

Apakah Beban kerja untuk Guru ‘Lebih dari Dua Kali Lipat’ Selama Pandemi COVID-19? Bagaimana Membantu Guru Mengurangi Beban Tersebut?

Guru Sebagai Pelaksana Pembelajaran
Guru Sebagai Pelaksana Pembelajaran

“Tidak banyak dari kita yang menyadari bahwa untuk mempertahankan sistem sekolah kita, beban kerja guru bisa meningkat lebih dari dua kali lipat.” kata Santoso Suratso / CEO Kipin School.

“Saya pikir kita semua harus berterima kasih kepada guru dan pendidik kita, karena selama dua tahun terakhir ini sangat berat bagi mereka”

Untuk beralih dengan mulus dari ke pembelajaran berbasis rumah balik ke pelajaran tatap muka, guru perlu menghabiskan “banyak waktu” menyiapkan rencana pelajaran berbasis digital sesuai instruksi Pak Menteri Nadiem.

“Selain itu, kepala sekolah dan guru juga harus berperan sebagai tim Prokes (Protokol Kesehatan) di sekolah. Dan itu semua dilakukan sering tanpa dukungan tenaga kerja tambahan” kata seorang guru kepada kami.

Pemanfaatan Kipin untuk Pendidik
Pemanfaatan Kipin untuk Pendidik

Jika guru “tidak didukung dengan baik”, “sangat sulit” mengharapkan mereka untuk merawat siswa dengan maksimal, kata Santoso

Apa langkah konkret lebih lanjut yang dapat diambil Kementerian Pendidikan, Pemda dan Kepala Sekolah untuk mengurangi tekanan ini: bagaimana transformasi digitalisasi sekolah cepat, bagaimana meningkatkan kompetensi dan digital literasi guru secara mudah, bagaimana agar siswa dapat membawa konten pembelajaran kerumah, edutech untuk sekolah mana yang tepat-guna untuk pengajar, dan banyak pertanyaan lain. 

Dalam jangka pendek, jelas Pemerintah perlu “melakukan lebih banyak” untuk membantu para guru mengatasinya. Karena pemerintah sudah memiliki informasi dari berbagai survei dan masukan guru-guru bahwa produk edutech untuk sekolah yang tepat-guna harus bisa berfungsi tanpa memerlukan internet, contohnya Kipin Classroom.

Penggunaan teknologi Kipin Classroom meningkatkan sumber daya pengajaran sehingga guru dapat menerapkan waktu mereka secara lebih strategis kepada siswa yang paling membutuhkan bantuan. Alat bantu Kipin Classroom untuk sekolah harus segera diluncurkan bertahap di pulau-pulau dan daerah minim internet atau blank spot.

Kipin Classroom adalah satu-satunya alat bantu sekolah yang memiliki validasi dan bukti proof of concept (POC) diberbagai sekolah 3T dari Sabang sampai Merauke, baik pada sekolah negeri, swasta, dan Madrasah. 

Kipin Classroom
KIPIN Classroom

KIPIN CLASSROOM EDUTECH UNTUK SEKOLAH

Pemerintah sudah memberikan “Hak pilihan untuk sekolah dalam adopsi teknologi yang tepat, bahwa sekolah memegang kendali, dan itu penting.”

“Saya pikir pemerintah perlu membangun pemahaman yang jelas kepada semua sekolah bahwa Kipin Classroom adalah basis pengembangan dasar yang terpenting untuk transformasi sekolah menjadi digital secara cepat” kata Santoso.

Most Popular

To Top