Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi Pendidikan, Maksimalkan Kreativitas Untuk Masa Depan

Bersama Komik Literasi Pendidikan, Maksimalkan Kreativitas Untuk Masa Depan

Kembangkan Potensi dan Kreativitas Demi Kesuksesan

Para pekerja ladang sedang menggarap lahan perkebunan
Ilustrasi pekerja menggarap lahan perkebunan (Sumber: Envato)

Sering kali terpikir akan menjadi apakah diri sendiri di masa depan? Seorang pemadam kebakaran atau doktor? Menjadi polisi atau seorang tenaga pengajar? Pekerjaan atau profesi seperti yang baru saja disebutkan hanyalah segelintir dari beragam pekerjaan yang dapat dilakukan. Akan tetapi, bagaimana cara untuk bisa mencapai apa yang diinginkan? Terlebih lagi, apakah diri sendiri mampu untuk menekuni bidang pekerjaan hingga mencapai kesuksesan?

Dua wanita pekerja kreatif sedang mendiskusikan proyek bisnis (Sumber: Envato)

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meniti karir dan kesuksesan adalah dengan membaca kisah inspiratif. Kisah inspiratif bisa didapatkan melalui karya biografi dan/atau autobiografi yang menceritakan perjalanan hidup seseorang. Selain itu, cara lain yang bisa didapatkan dengan memperhatikan setiap orang yang ditemui dalam kehidupan dari kisah hidup dan pencapaian yang didapatkan sekarang. Bisa itu ditemui dalam lingkup keluarga, tetangga, pengajar di sekolah atau universitas, tokoh penting dalam masyarakat, dan masih banyak lagi.

Kerajinan tangan dari kardus
Kerajinan tangan dari kardus (Sumber: Envato)

Melalui ragam sumber referensi kisah hidup dari orang lain, bisa didapatkan ragam informasi yang membangun semangat dan motivasi bagi diri. Sebuah metode pembelajaran yang memotivasi sekaligus menarik juga mudah didapat melalui media komik literasi seperti yang disuguhkan oleh Pendidikan.id. Pendidikan.id memiliki lebih dari 500 koleksi komik literasi, masing-masing dengan cerita yang menarik dan sarat dengan ilmu pengetahuan, etika moral serta motivasi.   

Salah satu komik literasi dari Pendidikan.id berjudul “4 Sekawan Mengguncang Dunia” menyajikan cerita dengan pesan motivasi yang kuat. Diceritakan di dalamnya, terdapat 4 orang sahabat bernama Budi, Toni, Dodi, dan Amir yang telah menamatkan pendidikannya di SMK Pertanian. Setelah lulus, mereka berempat membicarakan pekerjaan yang akan dilakukan.

Halaman Depan Komik Literasi "4 Sekawan Mengguncang Dunia"
Halaman depan Komik Literasi “4 Sekawan Mengguncang Dunia”

Mulanya, mereka hampir menyerah karena pekerjaan pertama yang didapat tidak sesuai dengan harapan. Hingga kemudian mereka menciptakan sendiri lapangan usaha di bidang kreatif yang ditemui dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Usaha masing-masing dari 4 sekawan berjalan baik dalam pasar lokal. Beberapa waktu setelahnya, keempat sekawan mampu memperluas usaha mereka sampai pasar internasional. Pemerintah setempat memberikan apresiasi berkat usaha dan kerja keras 4 sekawan ini. 

Tidak hanya mendapatkan sajian cerita dan ilustrasi, komik literasi “4 Sekawan Mengguncang Dunia” juga menyajikan pesan yang sangat penting bagi pembaca. Setiap orang telah memiliki modal besar untuk menggapai cita-cita dan masa depan mereka. Contohnya dengan memiliki tubuh yang kuat, fisik sehat, dan pengetahuan dari tahapan pendidikan yang telah ditempuh. Hendaknya setiap orang mampu untuk memaksimalkan diri dengan segala kemampuan yang ada.

Cuplikan isi Komik Literasi “4 Sekawan Mengguncang Dunia”

Di samping modal besar di atas, kreativitas menjadi unsur penting yang harus dimiliki tiap orang. Apabila rasa sulit dan ingin menyerah menghantui urusan pekerjaan, bukan hal yang tidak mungkin bagi seseorang untuk membuka lapangan usaha dengan melibatkan kreativitas. Ide-ide baru dalam kreativitas bisa didapatkan dari mana saja, seperti teman-teman, keluarga, lingkungan pendidikan dan juga yang ada di sekitar. Dengan meningkatkan daya kreativitas, seseorang bisa melihat berbagai hal di sekitar dengan ciri khas atau keunikan, yang mampu untuk dikembangkan sebagai peluang usaha. Yang tidak boleh terlupa, memanfaatkan pasar dan atau marketplace yang tepat dapat sangat membantu dalam pengembangan bisnis dan usaha dimiliki.


Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email : [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments