Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Literasi, Temukan Makna Baru Kehidupan Saat Kita Memilih untuk Berbahagia

Bersama Komik Literasi, Temukan Makna Baru Kehidupan Saat Kita Memilih untuk Berbahagia

Lalui Berbagai Peristiwa dalam Kehidupan Dengan Senyuman, Sebab Bahagia Adalah Pilihan

Seorang wanita tengah merayakan peristiwa membahagiakan dalam hidupnya (Sumber: Envato)

Menjalani kehidupan sehari-hari, tiap orang akan dihadapkan pada beragam halangan dan tantangan. Beragam kondisi tersebut akan menimbulkan respon emosi yang berbeda-beda. Termasuk di dalamnya ketika seseorang mengalami kesedihan dan kehilangan. Emosi tersebut contohnya akan dihadapi seseorang saat dihadapkan pada situasi kehilangan pekerjaan, terisolasi dari hubungan sosial dan kematian orang-orang terdekat.

Beragam emosi yang dirasakan manusia dalam ilustrasi di papan tulis (Sumber: Envato)

Peristiwa kehilangan mampu membuat diri seseorang menjadi terpuruk bak turut merasakan hilangnya hidup yang sejak dahulu dilalui. Secara khusus kehilangan akibat meninggalnya orang tersayang mampu menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan, menjadi mudah lelah, rasa sakit pada badan, dan lebih lanjut dapat menyebabkan depresi. Akan tetapi, berlarut terlalu lama dalam kesedihan tanpa berupaya untuk bangkit hanya akan membuang waktu yang dimiliki. Lalu, bagaimana cara seseorang untuk menemukan makna kehidupannya kembali setelah melalui peristiwa menyakitkan tersebut?

‘Bahagia Adalah Pilihan’ menjadi salah satu komik literasi Pendidikan.id yang menceritakan kisah Pak Busye. Rasa bergantung yang terlalu tinggi pada istrinya membuat dirinya terbiasa untuk menjalani dan mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan bantuan istrinya. Tetapi pada suatu hari, musibah datang ke keluarga Pak Busye. Istrinya mengalami stroke dan meninggal dunia. Setelah kejadian itu, Pak Busye merasakan sedih dan kehilangan yang teramat sangat dan berlangsung hingga berbulan-bulan lamanya.

Setelah sekian lama terpisah, beberapa orang berbahagia karena dapat bertemu kembali (Sumber: Envato)

Kini, Pak Busye hanya tinggal bersama anaknya Umi. Akibat rasa sedihnya, Pak Busye tidak nafsu makan dan kehilangan banyak berat badan. Ia sering kali meminta anaknya membantu dan menemaninya rasa sedih dan sepi yang dimiliki. Bahkan, Pak Busye meminta Umi untuk keluar dari pekerjaanya untuk menemaninya di rumah. Mendengar hal itu, tetangga datang dan menghampiri Pak Busye untuk mengajaknya membangun kebahagiaannya kembali. Kesedihan memang wajar dirasakan, namun bangkit dari perasaan itu dan memilih untuk menjadi bahagia mampu menjadikan Pak Busye makin bersemangat dan memaknai kehidupannya kembali. 

Halaman depan komik literasi “Bahagia Adalah Pilihan”

Melalui komik literasi “Bahagia Adalah Pilihan” pembaca diajak untuk menantang diri dalam memilih kebahagiaan di tengah rasa sedih yang menyelimuti. Kebahagiaan menjadi sebuah capaian dalam hidup seseorang, membantu seseorang untuk merasakan senang, merasakan kepuasan, dan kesejahteraan dalam hidup ke arah yang positif. Dikatakan sebagai sebuah capaian, maka kebahagiaan harus dicari oleh setiap orang. Bila bukan dari diri sendiri yang mengusahakan, maka waktu dan kesempatan yang dimiliki akan menjadi sia-sia jika tak menjadikan bahagia sebagai emosi utama baru dalam menjalani keseharian.

Maka dari itu, bangkit dan bersemangatlah! Jalani kehidupan dengan ikhlas, hati yang senang dan rasa syukur atas segala rezeki yang dimiliki, apapun itu bentuknya. Jemputlah kebahagiaan untuk kehidupan yang semakin cerah!

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments