Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBersama Komik Pendidikan, Pertahankan Kesempatan Berharga Bersama Keluarga

Bersama Komik Pendidikan, Pertahankan Kesempatan Berharga Bersama Keluarga

Jadikan Setiap Momen Menjadi Berharga Bersama Keluarga

Dokumentasi sebuah keluarga kecil (Photo by Liv Bruce. Sumber: Unsplash)

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setiap anak memiliki prinsip dasar hak anak yaitu terjaminnya pemenuhan kebutuhan bertumbuh dan berkembang. Beberapa kebutuhan dalam pemenuhan tumbuh-kembang yang optimal adalah asuh, asih dan asah. Salah satu kebutuhan yaitu Asih menjelaskan kebutuhan individu akan kasih sayang dan emosi. Orangtua wajib menyediakan dan menjamin ikatan emosional yang harmonis, serasi dan erat. Kebutuhan asih menyediakan pembentukan tumbuh-kembang pada fisik, psikologis dan psikososial individu bersama dengan lingkungan sekitar secara lebih optimal. 

Momen kebersamaan sebuah keluarga (Sumber: Envato)
Momen kebersamaan sebuah keluarga (Sumber: Envato)

Menyuplik penuturan Ayoe Sutomo, M.Psi., Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga dalam webinar Hari Anak Nasional bertajuk “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Dasar (23/07/2002) “kebutuhan anak akan kasih sayang dan perasaan dicintai menjadi pendampingan dan pengasuhan utama untuk membantu anak melewati masa-masanya dari kanak-kanak, remaja, hingga dewasa”. Hal tersebut menjelaskan pentingnya pola asuh orangtua dalam memberikan waktu dan perhatian, juga bagi anak untuk memanfaatkan waktu bersama keluarga sebagai tempat pembelajaran utama.

Halaman depan komik literasi "Diary Seorang Anak"
Halaman depan komik literasi “Diary Seorang Anak”

Selain melalui penjabaran di atas, peran penting keluarga bagi setiap orang dapat makin dipahami melalui bahan bacaan literasi. Pendidikan.id sebagai platform yang berperan meningkatkan mutu pendidikan melalui digitalisasi teknologi, menyediakan konten pendidikan yang beragam. Salah satunya komik literasi yang tak hanya menyuguhkan cerita dan ilustrasi, namun juga pesan moral dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi anak-anak dan remaja.

Komik literasi Pendidikan.id berjudul “Diary Seorang Anak” mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Anton. Meskipun hidup berkecukupan, ayahnya jarang memberikan waktu bersama keluarga dan lebih memprioritaskan seluruh waktunya untuk urusan pekerjaan. Sampai dengan Anton beranjak dewasa, ayahnya tidak dapat menyediakan waktu untuk berdiskusi tentang jurusan dan perguruan tinggi yang harus dipilihnya. 

Anton yang telah menahan rasa amarah, bergegas pergi dengan kendaraanya untuk berbicara langsung pada ayahnya. Sayang, di tengah perjalanan, Anton mengalami kecelakaan lalu-lintas yang merenggut nyawanya. Orangtua Anton sangat terpukul, terlebih ayahnya yang menyesali betapa Anton menyayangi dan menginginkan waktu ayahnya untuk dinikmati bersama melalui isi diary anaknya.

Seorang anak tengah menikmati waktu bersama sang ayah (Sumber: Envato)
Seorang anak tengah menikmati waktu bersama sang ayah (Sumber: Envato)

Dari komik literasi “Diary Seorang Anak” digambarkan dunia pekerjaan yang telah mengambil alih fokus seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi, sering terlupa bahwa hubungan dan kebersamaan bersama keluarga turut menjadi kebutuhan yang penting untuk tetap dilakukan. Terutama untuk anak dalam masa tumbuh-kembangnya, lingkungan keluarga menjadi penyumbang terbesar dalam pembentukan fisik dan psikologisnya. 

Cuplikan isi komik literasi "Diary Seorang Anak"
Cuplikan isi komik literasi “Diary Seorang Anak”

Tidak hanya itu, momen bersama keluarga, bagai kesempatan yang tidak dapat terulang. Sebab, tidak dapat dipastikan bagaimana hari esok akan berjalan, dimana menjadi skenario terburuk bahwa momen kehangatan bersama anggota keluarga tidak dapat untuk dinikmati seperti dulu kala. Maka dari itu, setiap kesempatan yang masih dimiliki bersama keluarga, hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sebab, keluarga menjadi tempat berbagi suka, duka, canda, dan tawa yang tidak bisa terganti maupun terbayarkan berapapun jumlahnya. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments