Kamis, Februari 22, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanBerselancar Mengetahui Pengetahuan Sejarah dan Perkembangan Berbagai Makanan di Dunia - Edisi:...

Berselancar Mengetahui Pengetahuan Sejarah dan Perkembangan Berbagai Makanan di Dunia – Edisi: Pizza

Olahan makanan pizza (Photo by Athena on Pexels)
Olahan makanan pizza (Photo by Athena on Pexels)

Ratusan tahun sebelum memasuki abad 16, pizza menjadi makanan orang – orang miskin di Napoli, sebuah kota di Italia. Roti pizza terbuat dari gandum, dengan bentuk pipih, warna polos, dan rasanya yang tawar. Orang-orang Napoli mengoleskan permukaan salah satu jenis roti kering ini menggunakan minyak zaitun agar tidak tersendat di tenggorokan saat dimakan. 

Mulai abad ke-19, tomat mulai digunakan masyarakat Italia sebagai tambahan rasa di olahan makanan. Orang – orang Napoli mencoba menaburkan potongan-potongan tomat ke atas pizza. Selain tomat mereka juga menambahkan keju, mozzarella, ada juga yang menambahkan bawang atau ikan – ikan kecil. Tahun 1889, Raja Umberno (Raja yang memerintah Italia) dan ratu Margherita berkunjung ke Napoli. Seorang tukang roti bernama Raffaele Esposito memasak pizza istimewa untuk ratu. Sang ratu sangat menyukai pizza itu. Raffaele menamakan pizza itu Pizza Margherita dan menjadikannya sebagai menu andalan untuk dijual. 

Sepotong makanan pizza di depan Menara Pisa, Italia (Photo by Anna Church on Unsplash)
Sepotong makanan pizza di depan Menara Pisa, Italia (Photo by Anna Church on Unsplash)

Sejak saat itu, roti pizza menjadi sangat terkenal di seluruh Italia. Banyak orang yang memasak dan makan pizza di rumah, tidak hanya orang miskin saja. Rumah – rumah makan juga banyak yang menjual pizza. Sebagian orang Italia  pindah ke negara – negara tetangga, termasuk hingga ke Amerika. Di negara Amerika, merek mencari nafkah dengan berjualan pizza. 

Pada tahun 1905, mulai dibuka toko pizza di New York, Amerika Serikat. Terdapat pizza yang rotinya tipis, tebal, diberi topping (campuran di atas pizza) yang bermacam – macam seperti tomat, jamur, paprika, bawang bombay, buah zaitun. daging cincang, daging asap, sosis, ikan, udang, dll saus, keju dan bumbunya pun beraneka ragam. 

Pizza mulai masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1980. Namun saat itu, yang masuk ke Indonesia adalah pizza Amerika yang dibawa oleh orang – orang Amerika, bukan pizza italia. Setelah pizza Amerika terkenal di Indonesia, barulah pizza asal Italia masuk. Namun sampai saat ini, pizza dari negara aslinya, Italia belum bisa mengalahkan popularitas pizza ala Amerika di Indonesia. 

Halaman depan komik literasi  “Riwayat Pizza”
 Halaman depan komik literasi  “Riwayat Pizza”

Beberapa perbedaan pizza Amerika dan pizza Italia. Pizza Amerika dengan roti yang tebal dan empuk, menggunakan saus tomat sebagai sausnya, mencampurkan berbagai jenis daging sebagai toppingnya. Sedangkan pizza Italia rotinya tipis dan cenderung renyah, menggunakan irisan tomat, minyak zaitun atau oregano sebagai sausnya, lebih suka mencampurkan ragam jenis jamur, buah atau sayur -sayuran sebagai topingnya. 

Pendidikan.id sebagai sebuah platform pengembang produk dan layanan pendidikan berbasis teknologi digital, menyuguhkan ribuan konten pembelajaran dengan berbagai jenis. Tidak hanya materi pembelajaran berbentuk buku dan video yang mendukung pembelajaran di sekolah, melainkan juga metode belajar dalam wujud komik literasi untuk meningkatkan minat baca anak.

Komik “Riwayat Pizza” menceritakan tentang asal-usul makanan pizza. Mulai dari sejarah awal munculnya jenis olahan makanan ini dan perkembangan pizza hingga populer di kalangan masyarakat dunia. Dengan mengenal asal-usul makanan ini, anak-anak diajak untuk mengetahui sejarah dan perkembangan olahan makanan di berbagai belahan dunia. Dengan begitu, pembaca akan menambah informasi baru sebagai tambahan pengetahuan umum. 

Cuplikan isi komik literasi  “Riwayat Pizza”
Cuplikan isi komik literasi  “Riwayat Pizza”

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download  sekarang di https://kipin.id/download.html

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments