Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

Komik Pendidikan

Cegah Penipuan Seksual, Komik Pendidikan Ingatkan Remaja Perempuan Tidak Berfoto Telanjang di Depan Kamera

foto telanjang penipuan media sosial
penipuan seksual penipuan media sosial

Cover komik literasi digital ‘Kebodohanku Membawa Malapetaka’

Olivia adalah gadis cantik yang suka bermedia-sosial, sama seperti remaja lainnya. Kecantikan Olivia dalam koleksi foto yang diunggahnya ke medsos ternyata mengundang niat buruk orang lain. Seseorang tak dikenal mengirim pesan dan mengaku agensi bintang model yang sedang mencari kandidat. Karena tergiur janji manis, Olivia menuruti semua persyaratan termasuk untuk mengirimkan foto-foto syurnya.

Alih-alih mendapatkan undangan resmi casting, Olivia justru tertimpa petaka. Olivia diteror dan dipalak, dimintai uang tebusan secara terus menerus agar foto-foto syurnya tidak tersebar luas. Saat Olivia berhenti memberikan uang, foto-foto syur itu benar-benar tersebar di internet! Tidak hanya rugi waktu dan materi, hal ini menciptakan image buruk Olivia, membuatnya malu dan tertekan.

Begitulah kisah Olivia dalam komik ‘Kebodohanku Membawa Malapetaka.’ Kasus seperti yang dialami Olivia sebenarnya telah banyak terjadi di kalangan remaja saat ini. Penipuan jenis ini disebut sebagai penipuan seksual atau sextortion, bentuknya adalah pemerasan dengan menggunakan foto-foto bernada seksual dari korban yang diancam akan disebarkan bila mereka tidak mau membayar.

Seperti dikutip dari portal berita republika.co.id, Rickard Wakil Badan Perlindungan Konsumen Australia (ACCC) mengatakan, “Kami melihat sejumlah besar orang mengirim foto-foto bernada seksual kepada orang yang mereka kenal di online, kemudian menjadi sumber pemerasaan dalam jumlah besar, dan bila mereka tidak membayar, gambar-gambar itu akan disebarkan ke keluarga dan teman dekat.”

penipuan melalui internet media sosial

Ilustrasi penipuan melalui internet (sumber https://www.liputan6.com/news/read/2508282/modus-baru-penipuan-via-facebook-janji-menikahi-korban)

Komik ‘Kebodohanku Membawa Malapetaka’ secara khusus diterbitkan oleh Pendidikan.id untuk mengedukasi para remaja perempuan, sehingga dapat mencegah meningkatnya kasus penipuan seksual secara digital. Bahkan menurut Nita Koestomo, koordinator tim komik Pendidikan.id, ada hal yang lebih mengerikan dari kasus penipuan seksual online. Ia menceritakan sebuah kasus yang pernah terjadi di salah satu kota besar Indonesia, di mana foto-foto syur seorang gadis SMA tega disebarluaskan oleh pacarnya sendiri.

“Oleh karena itu, komik ini menekankan pesan agar remaja perempuan jangan pernah sekali pun berfoto telanjang walau hanya untuk koleksi pribadi. Jejak digital sangat kejam. Sekali foto atau video jatuh ke tangan orang yang salah, maka dalam sekejap saja bisa tersebar hingga ke ujung dunia. Parahnya, file itu masih akan ada di internet hingga puluhan tahun mendatang,” jelas Nita.

Komik yang diterbitkan sejak Mei 2018 ini mendapatkan sambutan yang  hangat di kalangan remaja perempuan. Mereka mengaku mendapatkan banyak pesan positif setelah membaca komik ‘Kebodohanku Membawa Malapetaka.’ Tanggapan positif mereka ungkapkan dengan berkomentar pada akun instagram Pendidikan.id (@pendidikandotid).

bijak menggunakan medsos sosmed

Komentar beberapa pembaca remaja di akun instagram @pendidikandotid.

Seperti yang dituliskan oleh @putriardiansyah1612, ia mendapatkan pesan bahwa remaja wanita harus bisa menjaga diri dan menggunakan gadget sebaik mungkin, agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Dalam komentar ia juga mengakui bahayanya foto dengan keadaan telanjang, bahkan meski untuk koleksi foto pribadi.

Menariknya, beberapa netizen remaja lainnya justru mendapatkan pesan dari sudut pandang yang berbeda. Contohnya seperti yang dilontarkan oleh akun @naversarsa dan @oref23, bahwa wanita harus lebih berhati-hati dalam bertindak dan berpenampilan, sehingga dapat menjaga kehormatan diri dengan baik. Akun @bilafby mengungkapkan pesan lainnya yaitu, ‘pandai dan bijaklah dalam bertindak di khayalak umum, terutama sosial media. Berpikir panjang dan melihat dampak yang akan terjadi ke depannya. Jangan mudah percaya atau tergiur dengan perkataan orang yang sama sekali tidak dikenal.’

Pesan yang ditangkap oleh pembaca remaja bervariasi, namun semuanya menuju pada satu payung tujuan utama, yaitu mencegah terjadinya penipuan seksual dan penyalahgunaan foto seksual. “Komik ini sangat cocok digunakan sebagai bahan penyuluhan bagi remaja putri di seluruh Indonesia. Pendidikan.id berharap tidak ada lagi korban-korban yang berjatuhan karena kurangnya informasi atau penyuluhan. Masa depan anak-anak harus diarahkan sejak dini, agar esok tercipta SDM unggul yang dapat membawa Indonesia semakin maju,” harap Nita.

Download Toko Buku atau Kipin Mobile di smartphone-mu, lalu baca komiknya sekarang juga!
Klik di sini → Toko Buku iOS, Toko Buku Android, Toko Buku Windows
Klik di sini → Kipin Mobile iOS, Kipin Mobile Android, Kipin Mobile Windows

Most Popular

To Top