Kamis, Februari 9, 2023
spot_img
BerandaEvent PendidikanDigitalisasi Pembelajaran di Jawa Timur Semakin Maju dan Merata

Digitalisasi Pembelajaran di Jawa Timur Semakin Maju dan Merata

Bantuan ABM untuk SMA dan SMK di Jawa Timur

Pendidikan merupakan faktor penting untuk membangun generasi emas penerus bangsa. Mendukung para siswa dengan sarana dan prasarana yang mumpuni adalah kewajiban yang harus dipenuhi. Beruntungnya, kita dimudahkan dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat dari zaman ke zaman. Pembelajaran digital menjadi salah satu solusi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sehingga menjadi efektif dengan hasil maksimal, tentunya jika didukung dengan fasilitas yang tepat.

Pemerintah Jawa Timur memperhatikan kebutuhan para siswa dengan memberikan bantuan ABM (Anjungan Belajar Mandiri) berupa fasilitas pembelajaran digital tanpa internet yang disebut dengan KIPIN atau Kios Pintar. Hingga saat ini, sekitar 100+ sekolah dari seluruh Jawa Timur telah mendapatkan bantuan ABM sehingga kualitas pendidikan di Jawa Timur tentunya juga semakin maju dari waktu ke waktu.

Perwakilan 31 Sekolah Penerima Bantuan ABM di Jawa Timur
Perwakilan 31 Sekolah Penerima Bantuan ABM di Jawa Timur

Pada Senin, 19 Desember 2022 diselenggarakan serah terima ABM dan pelatihan user guide di Dinas Pendidikan Prov Jatim yang berlokasi di Jl. Jagir Sidoresmo V, Sidosermo, Kec. Wonocolo, Surabaya. Acara tersebut dihadiri oleh 31 Kepala Sekolah SMA dan SMK yang menjadi sekolah penerima bantuan ABM. Bantuan tersebut menjangkau banyak daerah seperti:

  1. Kabupaten Malang,
  2. Kabupaten Bojonegoro,
  3. Kabupaten Sumenep
  4. Kabupaten Lumajang
  5. Kabupaten Pasuruan
  6. Kabupaten Madiun
  7. Kabupaten Ngawi
  8. Kabupaten Probolinggo
  9. Kabupaten Pacitan
  10. Kabupaten Magetan
  11. Kabupaten Tulungagung
  12. Kabupaten Trenggalek
  13. Kabupaten Sampang
  14. Kabupaten Bondowoso
  15. Kabupaten Situbondo
Fasilitas Digitalisasi Pembelajaran tanpa Internet

engan demikian, 31 sekolah tersebut dapat menjalankan pembelajaran digital tanpa internet yang mencakup kebutuhan lengkap pembelajaran hingga asesmen diantaranya:

  1. Ribuan Konten Pembelajaran Lengkap
    Tersedia 5000+ Buku Pembelajaran sekolah sesuai dengan kurikulum Kemendikbud Ristek, termasuk kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka, 2000+ Video Pembelajaran, 50.000_ Latihan Soal, dan 500+ Komik Literasi Pendidikan Original Kipin (seputar ilmu pengetahuan, budaya, budi pekerti dan tata krama)
  2. Perpustakaan Digital Internal Sekolah
    Sekolah dapat mengupload dokumen dan video dari guru dan sekolah kedalam server Kipin untuk bisa diakses oleh para siswa tanpa butuh jaringan internet
  3. Software Asesmen Digital Offline
    Pekerjaan guru akan sangat diringankan dengan adanya software Asesmen Digital Offline yang support AKM, dengan berbagai macam jenis soal dan model ujian, hingga sistem rekap nilai otomatis yang rinci. Guru dapat membuat asesmen sesuai dengan kebutuhan.
Bantuan ABM Fasilitas Pembelajaran Digital Kipin (Kios Pintar)
Bantuan ABM Fasilitas Pembelajaran Digital Kipin (Kios Pintar)

Kegiatan serah terima dan pelatihan user guide berjalan dengan lancar. Seluruh perwakilan sekolah telah menerima bantuan ABM dan diharapkan dapat memberikan manfaat serta dampak yang besar terhadap proses pembelajaran siswa agar bisa lebih efektif dan maksimal kedepannya. Cepat atau lambat, mau tidak mau, suka dan tidak suka, kita semua harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. Jawa Timur siap untuk maju dengan pendidikan yang lebih baik bersama KIPIN

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments