Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanGagal Berprestasi dan Sukses Karena Halangan Fisik? Tengok Cara Menyikapinya Dalam Komik...

Gagal Berprestasi dan Sukses Karena Halangan Fisik? Tengok Cara Menyikapinya Dalam Komik Literasi

Keterbatasan Fisik Tidak Dapat Halangi Mimpi dan Kesuksesan

Ilustrasi pemain sepak bola yang tengah bersiap menendang bola
Pemain sepak bola sedang bersiap menendang bola yang siap di bawah kakinya (Sumber: Envato)

Kisah-kisah di bawah ini menunjukkan betapa kegigihan dan usaha seseorang mampu mengatasi halangan dalam berkarya bagi masa depannya. Salah satunya adalah Diego Armando Maradona, seorang mantan pesepak bola terkenal asal Argentina. Meskipun memiliki tinggi badan yang tidak begitu menjulang, Maradona tetap memperjuangkan kesukaannya pada bidang sepak bola ini. Sejak usia yang sangat belia, ia telah menunjukkan kemampuannya dalam bermain bola dan mendapat penawaran pertama dalam klub Los Cebollitas saat usianya 11 tahun. Dengan kerja keras dan ketekunan olah fisiknya, Maradona mampu mengembangkan bakatnya dalam bermain sepak bola di mana ia kemudian menjadi pemain yang legendaris dengan menorehkan banyak prestasi.

Seorang penyanyi tengah melakukan rekaman lagu di studio
Ilustrasi penyanyi tengah melakukan rekaman suara lagu baru di studio musik (Sumber: Envato)

Kisah selanjutnya datang dari penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman musik terkenal, Stevland Hardaway Judkins yang memiliki nama panggung Stevie Wonder. Ia telah menorehkan banyak sekali karya musik dalam perjalanan karirnya. Stevie telah memenangkan 22 Grammy Awards, Grammy Lifetime Achievement Award dan merekam lebih dari 30 hits top. Tidak disangka di balik kesuksesannya tersebut, Stevie Wonder ternyata memiliki kekurangan yaitu ia terlahir secara prematur dan menyebabkan ia mengalami kebutaan. Namun sekali lagi berkat kegigihannya, kebutaannya tak menghalangi ia mencapai kesuksesan.

Seseorang dapat terlahir dengan keterbatasan fisik, namun tetap memiliki kelebihan dan bakat yang harus terus dikembangkan. Kisah hidup Maradona dan Stevie Wonder menggambarkan bagaimana keterbatasan fisik yang dimiliki tidak menghalangi tekad seseorang dalam mengembangkan diri dan berkarya. Di samping kisah hidup dari tokoh-tokoh terkenal di atas, langkah-langkah sarat motivasi diri untuk mencapai kesuksesan di masa depan yang bisa didapatkan banyak orang adalah dengan media literasi seperti komik literasi. 

Pemain sepak bola remaja dari tim sekolah
Ilustrasi pesebak bola remaja dari suatu sekolah (Sumber: Envato)

Komik literasi sebagai salah satu media pembelajaran yang ‘segar’ dan mendidik disajikan secara lengkap dan bervariasi oleh Pendidikan.id. Pendidikan.id memiliki 500 lebih komik literasi yang memiliki cerita dan ilustrasi menarik, namun sarat dengan pengetahuan-pengetahuan sebagai sumber bahan belajar yang cocok di berbagai kalangan usia. 

Salah satu komik literasi Pendidikan.id yang berjudul “Semampai Siap Sukses” menceritakan seorang anak bernama Dino yang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata anak seusianya. Ia pun kerap mendapatkan ejekan dari teman-teman sekolahnya. Namun ia tidak patah semangat. Ia terus berlatih dan menekuni sepak bola, olahraga kesukaannya. Ketekunannya dalam berlatih semakin meningkat hingga saat ia masuk ke SMA. Ia mengikuti berbagai macam lomba dan sering meraih juara. Kesempatan berkarir pun terbuka lebar, ia berhasil mendapatkan tawaran untuk masuk ke Pelatihan Sepak Bola Nasional setelah lulus sekolah. 

Halaman depan komik literasi "Semampai Siap Sukses"
Halaman depan komik literasi “Semampai Siap Sukses”

Dino dalam komik literasi “Semampai Siap Sukses”, dihadapkan dengan kondisi tubuh yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak seusianya. Meski sempat dicemooh orang lain hingga merasa sedih, ia terus teringat bahwa jika tidak melakukan apapun, tiada hasil yang akan didapatkan dalam hidupnya. Maka bersama dengan dukungan keluarganya, ia pun berusaha gigih menerapkan pola hidup sehat dan tekun berlatih. Dino bertekad mengembangakan hobi yang ia miliki demi menuju masa depan yang sukses.

Pesan yang didapat dari kisah Dino juga mengajarkan bahwa keterbatasan fisik bukan menjadi sebuah halangan dalam meraih cita-cita dan kesuksesan. Apa yang telah dimiliki setiap orang sejak lahir, janganlah menjadi sebuah tembok yang menahan diri dari kesuksesan yang harus diraih. Temukan hobi dan bakat diri, lalu kembangkanlah menjadi cita-cita setinggi langit. Kesempatan mewujudkan mimpi selalu akan terbuka lebar, asal diikuti oleh kemauan, semangat dan kerja keras. 

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lanjut tentang Kipin, kunjungi:
https://kipin.id/
Email: [email protected]
https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments