Kamis, Mei 2, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanGotong Royong 'Tuk Tingkatkan Kesejahteraan Kesehatan, Selengkapnya Simak dalam Komik Pendidikan

Gotong Royong ‘Tuk Tingkatkan Kesejahteraan Kesehatan, Selengkapnya Simak dalam Komik Pendidikan

Ilustrasi seorang pasangan pria dan wanita tengah memberi semangat untuk melawan sakit yang diderita (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)
Ilustrasi seorang pasangan pria dan wanita tengah memberi semangat untuk melawan sakit yang diderita (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  kesehatan merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan beroperasi sejak 2014 melalui dasar hukum UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS memiliki wewenang untuk memberikan jaminan sosial berbentuk kesehatan sebagai alternatif asuransi kesehatan bagi masyarakat. Manfaat yang diterima masyarakat adalah asuransi kesehatan dan pesangon bagi pegawai swasta.

Program yang diadakan oleh  BPJS adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).  Kartu Jaminan kesehatan Nasional (JKN) merupakan bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. memiliki banyak manfaat yakni pelayanan kesehatan dan pelayanan yang merata kepada setiap individu. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diselenggarakan melalui sistem asuransi, dimana masyarakat wajib membayar iuran dengan jumlah ringan sebagai biaya perawatannya ketika sakit di kemudian hari.

Ilustrasi monitor untuk cek kesehatan seseorang dari berbagai aspek (Photo by Stephen Dawson on Unsplash)
Ilustrasi monitor untuk cek kesehatan seseorang dari berbagai aspek (Photo by Stephen Dawson on Unsplash)

BPJS menjadi seperti upaya gotong royong yang bergerak dengan slogan “Gotong Royong, Semua bisa Tertolong”. Melalui slogan tersebut, masyarakat Indonesia dihimbau agar ikut menyisihkan sedikit dana tiap bulan, dengan ini kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan biaya penyembuhan. Pemerintah juga memberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS)  PBI (Penerima Bantuan Iuran) kepada masyarakat yang kurang mampu, maka dengan itu mereka tidak perlu membayar sumbangan di setiap bulannya. 

Melalui program BPJS ini, biaya pengobatan yang cukup mahal menjadi ringan sebab ditanggung oleh semua masyarakat Indonesia, karena dengan gotong royong maka semua akan jadi lebih mudah. Program ini menjadi langkah penting yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa masyarakat yang membutuhkan bisa dengan mudah mengakses layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau di seluruh wilayah negeri ini. 

Pendidikan.id sebagai sebuah platform pengembang produk dan layanan di bidang teknologi pendidikan memiliki ribuan konten sumber pembelajaran dengan berbagai jenis. Tidak hanya materi pembelajaran berbentuk buku dan video yang mendukung pembelajaran di sekolah, melainkan juga metode belajar dalam wujud komik literasi dan konten untuk anak. Salah satu komik yang berjudul “Gotong Royong, semua tertolong” memberikan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang pentingnya BPJS bagi kesehatan. 

Komik ini menceritakan tentang Apin yang mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit. KIPIN, Buki, Sina, dan Odi menjenguk Apin dan menenangkan ibu Apin yang menangis. Ibu Apin tidak memiliki uang untuk biaya rumah sakit dan tidak memiliki BPJS, asuransi kesehatan dari pemerintah. Teman – teman pun membantu Apin dengan menggalang dana dari teman di sekolah untuk biaya perawatan rumah sakit Apin.

 Halaman depan komik literasi “Gotong Royong, Semua Tertolong”
 Halaman depan komik literasi “Gotong Royong, Semua Tertolong”

Melalui komik  “Gotong Royong, Semua tertolong” menjelaskan betapa pentingnya BPJS bagi kesehatan masyarakat. Program ini berfungsi seperti asuransi, namun dengan jumlah iuran yang jauh lebih terjangkau dibandingkan asuransi milik swasta. Pemerintah menyediakan program ini untuk menjamin dan memfasilitasi kesehatan masyarakat. Dengan komik ini diharapkan juga dapat mengajak masyarakat untuk mau memanfaatkan BPJS demi kesehatan diri sendiri dan keluarga, terutama sebagai manajemen risiko akan berbagai peluang kejadian yang dapat terjadi. 

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download  sekarang di https://kipin.id/download.html

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments