Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
BerandaUncategorizedKelola Gaya Hidup Sehat dan Jauhkan Diri dari Serangan Maut Mendadak, Ketahui...

Kelola Gaya Hidup Sehat dan Jauhkan Diri dari Serangan Maut Mendadak, Ketahui Lebih Lanjut dalam Komik Pendidikan

Ilustrasi seorang kakek yang terkena serangan jantung saat sedang beraktivitas (Sumber Envato)
Ilustrasi seorang kakek yang terkena serangan jantung saat sedang beraktivitas (Sumber Envato)

Di masa sekarang salah satu perhatian penting yang harus dilakukan setiap orang adalah menghindarkan diri dari penyakit. Mencuplik data yang dihimpun oleh databoks, terdapat 10 penyakit paling berbahaya yang menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Penyakit dengan peringkat tiga teratas ialah stroke, serangan jantung dan diabetes. Diikuti oleh TBC, diare, hingga yang terakhir kasus kematian bayi yang baru dilahirkan. 

Menurut Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 yang dikutip jurnal The Lancet penyakit jantung menjadi salah satu penyakit penyebab kematian dengan angka terbesar di Indonesia. Data yang dihimpun di atas menjadi penanda bagi kita semua bahwa dibutuhkan sajian informasi yang memberikan pengertian, cara pencegahan, penanganan, dan gejala dari penyakit-penyakit yang ada di sekitar. Selain itu, pentingnya menjaga kesehatan sejak dini, termasuk memberikan informasi sebagai tindakan preventif bagi pembaca dari usia remaja dan anak-anak merupakan langkah yang baik untuk dilakukan

Ilustrasi seorang laki-laki dibawa ambulan karena jatuh sakit dan pingsan (Sumber Envato)
Ilustrasi seorang laki-laki dibawa ambulan karena jatuh sakit dan pingsan (Sumber Envato)

Pendidikan.id sebagai edutech yang berfokus pada penyediaan fasilitas digitalisasi pendidikan, menyajikan media pembelajaran baru berupa komik literasi. Melalui komik literasi, diharapkan anak-anak dapat meningkatkan minat bacanya terhadap bahan bacaan yang mendidik melalui sajian cerita dan ilustrasi menarik. Salah satu komik literasi Pendidikan.id berjudul “Serangan Maut Mendadak” menjadi media pembelajaran yang tepat bagi pembaca terutama anak yang memberikan ilmu pengetahuan kesehatan.

Dikisahkan seorang guru di salah satu sekolah bernama Pak Sudarso yang merasakan badannya tidak terasa sehat. Ia tidak menghiraukan rasa sakit yang dialami dan melanjutkan hari dan berangkat bekerja. Di awal ia mengajar di kelas, Pak Sudarso kembali merasakan nyeri hingga sakit di bagian dada. Ia pun tanpa sadar terjatuh dan dengan segera dibawa ke rumah sakit. Pak Sudarso dipastikan mengalami serangan jantung. Ia harus menjalani penanganan medis, beristirahat, dan selanjutnya membatasi aktivitas yang banyak menggunakan tenaga.

Halaman depan komik literasi "Serangan Maut Mendadak"
Halaman depan komik literasi “Serangan Maut Mendadak”

Melalui komik literasi “Serangan Maut Mendadak”, pembaca diajak untuk mengetahui serangan jantung yang diawali berbagai faktor risiko sebagai pemicu penyakitnya. Tidak terlupa dijelaskan pula pengertian penyakit jantung koroner dan gejala-gejala yang menjadi pertanda akan terjadinya serangan jantung tersebut. Selain itu, diberikan pula informasi mengenai cara penanganan dari pasien penderita jantung koroner. 

Bersama kisah Pak Sudarso dalam komik literasi “Serangan Maut Mendadak”, kembali tersaji informasi penting bagi pembaca bahwa penting untuk menjaga pola hidup sehat yang bisa menghindarkan diri dari penyakit berbahaya. Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dan membatasi asupan makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi, serta rutin berolahraga menjadi langkah yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool


Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments