Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

KIPIN Perpustakaan Digital Solusi Masalah Keterbatasan Ruang Perpustakaan di SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi

kipin kios pintar solusi belajar
tryout online, perpustakaan figital, video pembelajaran, komik pendidikan

Perwakilan PT Indesso Aroma berfoto bersama KIPIN dan Kepala Sekolah SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi

Jakarta – PT Indesso Aroma, sebagai bentuk tanggung jawab perusahan atau CSR, telah menyumbangkan sebuah mesin yaitu KIPIN (Kios Pintar) kepada SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi pada hari Selasa, 24 April 2018. Diwakilkan oleh Pak Eko selaku kepala Human Resource PT Indesso Aroma dan didampingi oleh tim Pendidikan.id sebagai pengembang mesin KIPIN, berharap agar Kipin dapat bermanfaat untuk SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi.

“Kami berharap dengan adanya mesin KIPIN di SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi ini dapat membantu proses belajar-mengajar dan dapat menambah koleksi pustaka bagi para siswa.” papar Pak Eko.

KIPIN merupakan sebuah mesin yang memiliki fungsi sebagai perpustakaan digital yang menyediakan konten-konten edukatif seperti ribuan buku pelajaran, video pendidikan, latihan soal tryout dan komik-komik literasi. Terdiri dari 960 siswa dari kelas 1-6, kegiatan belajar-mengajar di SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi berlangsung dari pagi hingga sore. Sebagai perpustakaan digital, KIPIN yang hanya membutuhkan listrik dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Kami sangat berterima kasih, bangga dan senang sekali bisa diberi kesempatan mendapatkan mesin KIPIN ini, selama ini kami belum pernah menerima sumbangan dalam bentuk perpustakaan digital. Sejauh ini, yang kami terima adalah alat olahraga seperti bola dan net sepak bola” sambut Pak Saim wakil kepala sekolah di SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi saat serah terima mesin KIPIN.

“Mesin KIPIN inilah yang benar-benar kami butuhkan, karena jika sumbangan buku cetak, sekolah kami bingung menata buku-buku tersebut disebabkan tidak adanya rak buku yang memadai di sekolah kami” tambah Pak Saim.

perpustakaan digital kipin

Ruang perpustakaan SDN Limas Nunggal Cileungsi

Sebagai perpustakaan digital, ribuan buku dan konten-konten lain di KIPIN sudah tersusun rapi dan dengan mudah diakses baik oleh guru-guru dan siswa. Sebagai bentuk praktis sebuah perpustakaan, KIPIN sebagai produk digital juga dapat mengurangi tumpukan-tumpukan buku cetak seperti yang terdapat di perpustakaan SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi. Tidak tersedianya rak buku yang cukup untuk menata buku-buku tersebut juga dapat merusak buku dan akibatnya para siswa akan malas untuk membaca.

KIPIN di SDN Limus Nunggal 01 Cileungsi merupakan mesin KIPIN ke-3 yang di sumbangkan oleh PT Indesso Aroma setelah menyumbangkan ke daerah Purwokerto dan Kupang NTT. Tak hanya mesin KIPIN, PT Indesso Aroma juga pernah menyumbangkan alat mesin jahit kepada warga (ibu rumah tangga) dan memperbaiki rumah tinggal warga di kawasan kumuh daerah Cileungsi.

Mesin KIPIN sangat tepat sebagai sumbangan program CSR perusahaan. Mesin KIPIN dengan sistem layar sentuh dilengkapi jutaan konten pendidikan digital yang digunakan secara OFFLINE tanpa koneksi internet menjadikan nilai utama KIPIN sehingga tidak akan ada kendala apabila diberikan ke sekolah di pelosok daerah sekalipun. Dengan menyumbang satu mesin KIPIN sama saja dengan menyumbang sebuah perpustakaan digital dengan jutaan konten belajar untuk anak sekolah di semua tingkat SD, SMP, SMA & SMK. (wr: ita)

Most Popular

To Top