Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Kipin Tablet : Solusi Bagi Sekolah untuk Pendidikan Berbasis Teknologi Digital yang Murah, Praktis dan Aman

pembelajaran berbasis teknologi digital

Bagaimana rasanya siswa sekolah tanpa membawa banyak buku?

SMA Labschool surabaya pembelajaran berbasis digital

Pembelajaran berbasis teknologi digital yang telah dicanangkan di SMA Labschool Surabaya.

Cukup satu atau dua buku tulis plus sebuah tablet, siswa bisa belajar dengan nyaman di sekolah. Eittss, tapi bukan dilakukan dengan cara mencari materi-materi pelajarannya di internet lho!!! Caranya sederhana, sekolah hanya perlu memasang sistem KIPIN Tablet pada setiap gadget siswa. Kipin Tablet merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa aplikasi penunjang belajar siswa. Apa saja isi aplikasinya?

Pertama, Sistem KIPIN Tablet. Sistem ini berisi total ribuan buku sekolah (kurikulum 2006 & 2013 resmi dari Kemdikbud), video pendidikan, kumpulan latihan soal, komik literasi dan buku umum. Konten pembelajaran yang sangat lengkap, bukan? Tidak hanya sekadar menjadi perpustakaan bagi siswa, namun aplikasi KIPIN School juga bisa menjadi pembimbing sekaligus. Video pendidikan yang dibawakan oleh guru-guru berpengalaman dapat membantu siswa untuk memahami materi. Setelah mengerjakan setumpuk latihan soal untuk mempertajam penguasaan materi, siswa bisa membaca komik literasi sebagai hiburan yang mendidik.

Kedua, aplikasi WPS. Jika siswa tidak membawa satu pun buku tulis, aplikasi ini dapat berperan menggantikannya. WPS terdiri dari writer, spreadsheet dan presentation. Siswa dapat mencatat rangkuman pelajaran melalui writer, atau mengerjakan slide untuk presentasi melalui presentation. Aplikasi ini juga sangat memudahkan ketika guru hendak memberikan tugas yang hasilnya harus dikirim melalui email. Setelah mengerjakan tugas menggunakan word atau presentation, siswa bisa langsung mengirimkan hasilnya ke email yang dituju.

Ketiga, aplikasi PTO (Pendidikan Tryout Online). Aplikasi ini memudahkan guru saat mengadakan ujian semester, ulangan harian atau pun tryout UNBK. Guru tidak lagi memerlukan waktu dan biaya untuk mencetak kertas ulangan, melainkan hanya dengan menginput soal-soal ke dalam aplikasi PTO. Lebih praktis, siswa pun dapat langsung mengerjakannya lewat tablet. Penilaian secara otomatis akan terhitung dan tersimpan setelah siswa selesai mengerjakan.

buku pelajaran komik literasi video pendidikan latihan soal

Tampilan menu utama aplikasi KIPIN School yang berisi buku pelajaran sekolah, video pendidikan, komik literasi, kumpulan latihan soal dan buku umum.

Ketiga aplikasi tersebut berada dalam satu paket sistem KIPIN Tablet, dilengkapi lagi dengan aplikasi penguncian sistem. Dengan penguncian sistem, anak-anak tidak bisa membuka aplikasi lain di luar yang sdh diinstall di KIPIN Tablet. Tidak untuk game, internet atau pun sosial media, tablet hanya berfungsi untuk KIPIN Tablet. Kata sandi penguncian ada di tangan guru atau orang tua, sehingga hanya guru atau orang tua yang dapat membuka kuncinya sepulang sekolah.

Sistem yang sangat mudah, praktis dan bermanfaat untuk anak sekolah. Selain meringankan bawaan siswa, KIPIN Tablet juga dapat mencegah adanya buku siswa yang tertinggal di rumah. Pemakaian KIPIN Tablet di sekolah juga dapat memudahkan tugas guru dalam memberikan tugas atau ujian, serta menyediakan bahan belajar yang lengkap bagi siswa.

Teknologi memang akan terus berkembang dan menggantikan cara lama dalam berbagai aspek kehidupan. Selain untuk menyesuaikan sistem pendidikan dengan teknologi yang semakin berkembang, penggunaan KIPIN Tablet juga dapat memudahkan siswa dan guru dalam kegiatan belajar-mengajar. Nah jika teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuat pendidikan jadi lebih maju dan merata, mengapa tidak kita manfaatkan segera?

Info lebih lanjut:
website: kipinschool.com/pro/
email: info@pendidikan.id

Most Popular

To Top