Jumat, Mei 3, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanKomik Literasi Pendidikan.id Sajikan Informasi dan Pencegahan Polusi yang Berdampak Buruk Pada...

Komik Literasi Pendidikan.id Sajikan Informasi dan Pencegahan Polusi yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan dan Intelegensi

Ilustrasi Polusi Udara Dari Produksi Pabrik dan Pembakaran Sampah, Sebabkan Penyakit Pernafasan (Sumber: Envato)
Ilustrasi Polusi Udara Dari Produksi Pabrik dan Pembakaran Sampah, Sebabkan Penyakit Pernafasan (Sumber: Envato)

Terdapat banyak sekali kasus pencemaran lingkungan di negara kita. Beberapa contohnya yaitu limbah sampah yang berada di laut yang menyebabkan tercemarnya lingkungan dan kerusakan rantai makanan hewan laut, penumpukan sampah di tempat pembuangan sampah akibat konsumsi barang dan aktivitas manusia sehari-hari yang tidak ramah lingkungan, serta polusi udara akibat banyaknya penggunaan kendaraan bermotor.

Seorang perempuan sedang sesak menghirup udara yang penuh polusi (Sumber: Envato)
Seorang perempuan sedang sesak menghirup udara yang penuh polusi (Sumber: Envato)

Pencemaran lingkungan berupa polusi udara menjadi pencemaran lingkungan yang membawa resiko terbesar bagi kesehatan manusia. Tingginya polusi udara disebabkan oleh akumulasi polutan dari asap kendaraan, asap limbah produksi pabrik, pembakaran sampah, penumpukan sampah, dan masih banyak lagi. Dampak yang dihasilkan sangat beragam dan merugikan, di antaranya yaitu penyakit pernapasan, jantung, stroke, asma, dan memicu kanker.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pencemaran udara agar dapat mengantisipasi dampaknya pada kesehatan? Masyarakat dapat menemukan informasinya melalui bahan bacaan yang memberikan ilmu pengetahuan dan konten yang informatif, salah satunya melalui komik literasi. Pendidikan.id sebagai salah satu edtech yang berfokus pada peningkatan pendidikan di Indonesia melalui teknologi terkini, mengembangkan produk komik literasi sebagai sumber pembelajaran terbaru yang dikemas menarik melalui cerita dan ilustrasi yang menarik.

Halaman depan komik literasi “Polusi Bisa Bikin Bodoh”

Salah satu komik literasi Pendidikan.id memberikan informasi kepada pembaca akan tentang polusi dan dampaknya bagi kesehatan. Komik ‘Polusi Bisa Bikin Bodoh’ menceritakan seorang siswi Sekolah Dasar bernama Reni yang setiap harinya berangkat ke sekolah menggunakan transportasi umum. Sepanjang perjalanan ia merasakan paparan polusi udara dari kendaraan yang lalu lalang. Ia merasa sesak setiap menarik napas akibat pekatnya asap kendaraan. Sesampainya di sekolah, ia menceritakan apa yang ia rasakan kepada gurunya, Bu Vina.

Polusi yang Reni rasakan adalah polusi udara yang didapatkan dari limbah asap dan sampah yang menghasilkan bau dan gas tidak sehat. Tidak hanya itu, polusi udara mampu menyebabkan kondisi kesehatan menurut, gangguan pernafasan, memicu kanker, hingga mempengaruhi organ otak. Selain itu, guru Reni juga mengajaknya untuk mengatasi pencemaran dan polusi lingkungan yang semakin besar. 

Polusi udara yang terlihat seperti selimut putih (Sumber: Envato)
Polusi udara yang terlihat seperti selimut putih (Sumber: Envato)

Dari kisah Reni dalam komik literasi Polusi Bisa Bikin Bodoh, dijelaskan dampak-dampak buruk polusi bagi kesehatan terutama pengaruhnya pada tingkat kecerdasan manusia. Berdasarkan hasil penelitian Columbia Center for Children’s Environmental Health, dampak polusi menyebabkan penurunan skor IQ pada anak sejak usia belia. Tentu pada tahapan usia muda, diperlukan pemahaman dan kemampuan kognisi yang baik karena mulai dari usia 5 tahun, anak sudah masuk ke bangku prasekolah. Dibutuhkan kesiapan bagi anak untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan mereka.

Selain itu komik literasi Polusi Bisa Bikin Bodoh juga mengajak pembaca untuk lebih memperhatikan dan menyayangi lingkungan, sekaligus berpartisipasi dalam mencegah tingkat polusi agar tidak semakin meningkat. Yang dapat dilakukan adalah mendaur ulang sampah dengan melakukan gerakan 3R (reduce, reuse & recycle), tidak membakar sampah, menanam pohon, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan menggalakan perilaku atau aktivitas sehari-hari agar tidak banyak menghasilkan limbah.

Cuplikan isi komik literasi “Polusi Bisa Bikin Bodoh”

Ingin membaca 500+ koleksi komik Kipin lainnya? Silakan download dari https://play.google.com/store/apps/details?id=com.med.kipinschool

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments