Jumat, Mei 3, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanSejarah Perkembangan Makanan di Masyarakat Dunia - Edisi: Sandwich

Sejarah Perkembangan Makanan di Masyarakat Dunia – Edisi: Sandwich

Komik Literasi Kipin Memberikan Ilmu Pengetahuan Sejarah untuk Mengenalkan Makanan di Penjuru Dunia

Ilustrasi roti sandwich (Photo by Mae Mu on Unsplash)
Ilustrasi roti sandwich (Photo by Mae Mu on Unsplash)

Roti sandwich berasal dari seorang angkatan Laut asal Inggris. Pada abad pertengahan ke-18 John Montage yang memiliki ‘gelar’ Earl Of Sandwich IV yang menjadi pemimpin angkatan laut Inggris. Earl merupakan sebutan untuk para bangsawan yang tinggi. Sedangkan, Sandwich adalah gelar bangsawan hanya diberikan kepada keluarga Montagu.

Tahun 1778 John Montage yang merupakan komandan angkatan laut dengan prestasinya berhasil menemukan tempat-tempat yang belum dikenal oleh masyarakat Eropa.  Tim John Montage  menemukan kepulauan di tengah Samudra Pasifik. Kepulauan itu dinamakan Kepulauan Sandwich yang kemudian diganti menjadi Kepulauan Hawaii. 

Ilustrasi King George Sandwich Bar, Shibuya-ku, Japan (Photo by charlesdeluvio on Unsplash)
Ilustrasi King George Sandwich Bar, Shibuya-ku, Japan (Photo by charlesdeluvio on Unsplash)

John Montage atau Tuan Sandwich memiliki kebiasaan dengan makan roti lapis yang di dalamnya terdapat sayuran dan juga daging. Teman-teman Tuan Sandwich tertarik dengan kebiasaannya, sehingga mereka juga menirunya. Setiap kali mereka memesan makanan, selalu memesan makanan yang sama dengan Tuan Sandwich. Lama-kelamaan kebiasaan ini menjadi terbiasa, saat mereka memesan makanan, hanya mengucapkan sandwich saja dan pelayan sudah mengerti maksudnya. 

Sejak saat itu, roti lapis bernama sandwich sangat terkenal. Selama abad ke-19, popularitas sandwich di Spanyol dan Inggris meningkat drastis. Pada Tahun 1850, setidaknya ada 70 pedagang yang menjual sandwich di Kota London. Sandwich juga mulai populer di Belanda dan Amerika. Hingga pada abad ke-20, sandwich menjadi makanan pokok yang sangat disukai di Amerika. Hingga saat ini, popularitas sandwich terus meningkat hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Terdapat bermacam-macam topping yang bisa digunakan bisa diberi daging asap, telur, berbagai varian saus, dan juga jenis roti-rotian.

Pendidikan.id merupakan penyedia media pembelajaran digital yang mempersembahkan konten pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah sesuai dengan perkembangan era digitalisasi saat ini. Salah satu konten yang diproduksi oleh Pendidikan.id adalah komik. Komik dihadirkan dengan tujuan untuk menambah informasi, pengetahuan umum, dan ilmu pengetahuan kepada pembaca dalam wujud yang menarik dan interaktif.

Halaman depan komik literasi 'Riwayat Sandwich'
Halaman depan komik literasi ‘Riwayat Sandwich’

Komik Pendidikan.id yang berjudul “Riwayat Sandwich” menceritakan tentang asal-usul makanan sandwich. Mulai dari sejarah awal munculnya jenis olahan makanan ini dan perkembangan Sandwich hingga populer di kalangan masyarakat dunia. Dengan mengenal asal-usul makanan ini, anak-anak diajak untuk mengetahui sejarah dan perkembangan olahan makanan di berbagai belahan dunia. Dengan begitu, pembaca akan menambah informasi baru sebagai tambahan pengetahuan umum. 

Temukan 500+ koleksi komik literasi Kipin lainnya! Download sekarang di https://kipin.id/download.html

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047 

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments