Kumpulan Artikel Dan Berita Pendidikan Indonesia Berbasis Tehnologi Digital

KIPIN

Sekolah Dasar di Papua Sudah Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh yang Modern dan Tepat Guna

Memasuki tahun ajaran  baru yang saat ini  harus dijalankan menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh, semua sekolah menghadapi dilema untuk memakai apa yang harus dipakai dan apakah yang dipilih sesuai dengan harapan. Termasuk Bpk Hendrik Legi, MPd, Kepala Sekolah SD Tri Esa Unggul di Wamena, Papua.  Sekolah ini beralamat Jln SD Percobaan No 39 Kel.Wamena Kota Kec Wamena Kab. Jayawijaya Papua. Sekolah yang berdiri sejak th 2007 ini dikelola oleh yayasan Pesat

Pak Hendrik dari dulu berkeinginan bahwa pembelajaran di Papua tidak boleh kalah kualitas dari daerah-daerah lain di Indonesia, maka penerapan teknologi harus segera dilaksanakan juga di sekolah yang dia kelola. Masih bingung memilih yang mana akan dipakai, sebab banyak bermacam aplikasi ada kekurangan & kelebihan masing-masing, tiba-tiba pandemi covid-19 mulai berjangkit, termasuk di Papua. Maka penerapan harus secepatnya dilaksanakan.

Pak Hendrik harus segera memutuskan aplikasi apa yang harus dipilih, setelah menyimak sebuah acara webinar yang khusus diadakan untuk guru, maka Pak Hendrik akhirnya merasa mantap sudah mempunyai pilihan yang tepat, yaitu menggunakan aplikasi “Kipin School 4.0” untuk penerapan sumber pembelajaran menggantikan buku cetak yang selama ini dipakai dan aplikasi  PTO (Paperless Test Online) sebagai sistem evaluasi pembelajaran untuk menggantikan latihan soal, penilaian harian dan ujian yang selama ini menggunakan kertas.

Kini untuk kelas 3,4,5 & 6 sekolah Tri Esa Unggul sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan mudah dan lancar, menggunakan Aplikasi Kipin School & PTO.

Saat ditanya alasan mengunakan Kipin School & PTO, sedangkan banyak diluar yang menyediakan gratis seperti google classroom, ms forms, dll? Kepala Sekolah SD Tri Esa Unggul ini menjawab “Fasilitas yg disiapkan oleh Kipin School sangat  lengkap dan mudah digunakan, sistem ‘Download and Go’ yang terdapat di aplikasi ini sangat membantu para siswa dalam menghemat paket data internet dan memudahkan mereka mesti kondisi jaringan di rumah mereka kurang memadai. Kami juga menghitung,  harga berlangganan Kipin + PTO terhitung masih murah terjangkau, bahkan dibandingkan jumlah biaya saat penggunaan buku cetak & fotocopy kertas sebagai bahan ujian, ini sangat-sangat hemat jadinya.“

Pak Hendrik melanjutkan lagi,  selain efisien dalam pemanfaatan pembelajaran jarak jauh, terjadi penghematan besar setelah menggunakan aplikasi Kipin School & PTO untuk PJJ ini:

  1. Dulu siswa hanya mengandalkan beberapa buku sebagai sumber pembelajaran, sekarang bisa mendapatkan dari isi Kipin School yaitu koleksi ribuan buku Kemdikbud, video pembelajaran, koleksi bank soal dan bacaan literasi sebagai pengayakan materi pembelajaran.
  2. Dulu para guru harus menghitung biaya fotocopy kertas setiap mengadakan latihan atau ujian, sekarang dengan memanfaatkan PTO maka guru bisa bebas sewaktu-waktu bisa mengadakan latihan soal, penilaian harian sebanyak-banyaknya tanpa mengeluarkan biaya lagi.

Ada satu hal lagi, kini para siswa SD Tri Esa Unggul bisa download dan membaca koleksi ratusan komik Pendidikan dari gadget atau laptop mereka di rumah, dan mereka bisa mengisi waktu dengan membaca koleksi komik pendidikan yang ada sehingga menambah kemampuan literasi mereka sekaligus menambah pendidikan budi pekerti yang didapatkan setelah membeca komik-komik Pendidikan yang sangat menarik tersebut.

Harapan saya, dengan penggunaan Kipin & PTO dapat menolong anak2 belajar secara pembelajaran jarak jauh dengan baik meski ditengah adanya pandemi covid 19, dan sekolah di Papua tidak tertinggal dan bisa maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia setelah menerapkan sekolah digital ini.

Most Popular

To Top