Kamis, September 19, 2024
spot_img
BerandaFenomena PendidikanSemangat Membara Madrasah dari Papua Pegunungan dan Grobogan Jawa Tengah untuk Maju...

Semangat Membara Madrasah dari Papua Pegunungan dan Grobogan Jawa Tengah untuk Maju melalui Digitalisasi

Semangat Membara Madrasah dari Papua Pegunungan dan Grobogan Jawa Tengah untuk Maju melalui Digitalisasi

“Madrasah Maju Bermutu Mendunia” merupakan slogan Madrasah mulai tahun 2024 ini yang diperkenalkan oleh Direktur KSKK Madrasah Ditjen Kemenag RI, H.M. Sidik Sisdiyanto, M.Pd. Mencerminkan komitmen madrasah dalam menciptakan Pendidikan berkualitas yang mampu bersaing di kancah internasional.

Berita baiknya, Madrasah di Indonesia semakin bersemangat untuk berkembang dan maju! Di era digital ini tentunya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengembangkan fasilitas digital di Madrasah untuk menunjang sistem Pendidikan yang dilaksanakan. Semangat inilah yang dimiliki oleh MI Ar-Rahman dari Jayawijaya, Papua Pegunungan. Dipimpin oleh Bapak Nur Choyin,SH.Mh selaku Kepala Madrasah MI Ar-Rahman, melaksanakan kunjungan ke MI Yaumi di Grobogan, Jawa Tengah dalam rangka Studi Banding digitalisasi madrasah tanpa internet.

Kegiatan Studi Banding Madrasah Digital oleh Madrasah dari Papua Pegunungan

MI Yaumi di Grobogan, Jawa Tengah menjadi panutan karena telah berhasil menerapkan digitalisasi dalam kegiatan belajar dan mengajar dengan fasilitas yang tepat, tanpa bergantung dengan jaringan internet yang menjadi kendala umum ditemui di berbagai daerah di Indonesia baik di Kota Besar terlebih lagi di daerah 3T seperti Provinsi Papua Pegunungan yang memiliki keterbatasan dalam infrastruktur dan aksesibilitas.

Kegiatan pembelajaran digital di MI Yaumi memaksimalkan device yang ada di sekolah seperti sejumlah Chromebook, sejumlah komputer di laboratorium, hingga smartphone pribadi siswa untuk mengakses Kipin sebagai sarana utama digitalisasi pembelajaran tanpa internet. Dampaknya, kegiatan berjalan lancar dan siswa dapat menikmati pembelajaran dengan suka cita tanpa gangguan internet.

Siswa MI Yaumi Mahir dan Cekatan dalam Digitalisasi Pembelajaran

Dalam kesempatan studi banding pada 4 September 2024 tersebut Bapak Nur Choyin,SH.Mh didampingi Kepala MI Yaumi, Bapak Saifudin menyaksikan bagaimana para siswa cekatan dan antusias mengoperasikan device untuk menulis huruf hijaiyah, mengerjakan buku aktivitas, dan mengerjakan soal evaluasi secara digital. Mengandalkan Kipin sebagai fasilitas pembelajaran utama di sekolah, berarti secara instan mendapatkan ribuan konten Pendidikan hingga software asesmen digital siap pakai.

Kontak Kipin
Web : kipin.id
Email : [email protected]
WA Chat : wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments