Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img
BerandaKomik PendidikanSesungguhnya Kekayaaan dan Kebahagiaan Sejati ada di Rasa Bersyukur, Simak Selengkapnya dalam...

Sesungguhnya Kekayaaan dan Kebahagiaan Sejati ada di Rasa Bersyukur, Simak Selengkapnya dalam Komik Pendidikan

 ilustrasi bersyukur (sumber : pixabay )

Rasa bersyukur akan memiliki pengaruh dalam peningkatan kualitas hidup. Sebuah penelitian dari mahasiswa Universitas YARSI dengan 308 sampel yaitu berusia remaja 11 – 18 tahun menunjukan bahwa bersyukur memiliki peran yang paling besar (ialah) terhadap kesehatan, hubungan dengan orang tua dan kemandirian. Melihat besarnya pengaruh rasa bersyukur atas peningkatan berbagai aspek dalam kualitas hidup tersebut, peningkatan rasa syukur juga dibentuk dengan faktor pendukung seperti kesejahteraan fisik, kesejahteraan psikologis, dukungan sosial dan teman sebaya, dan lingkungan di sekitar individu tersebut. 

Sebuah analisis di Swiss yang melibatkan 1000 orang dewasa menunjukan bahwa semakin tinggi rasa bersyukur dari seseorang akan berkorelasi positif dengan peningkatan kesehatan fisik mereka. Selain itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa  Universitas Negeri Islam Surabaya menjabarkan bahwa seseorang akan lebih memberikan makna positif dalam hidup saat ia memiliki rasa bersyukur yang tinggi. Salah satu jenis bersyukur adalah bersyukur secara personal, yaitu rasa syukur dan terimakasih yang ditujukan bagi sesama yang telah memberikan suatu kebaikan kepada dirinya. 

Worship and hug (Ilustrasi rasa bersyukur, sumber: Miguel Bautista on unsplash)

Melalui penjabaran di atas, apakah kita kini semakin memahami peran besar dan arti dari bersyukur dalam hidup? Rasa bersyukur adalah kunci hidup bahagia. Bersyukur bukan hanya dalam keadaan senang, tetapi juga disaat kesulitan. Terkadang kita terlalu asik dengan kehidupan kita sendiri, sehingga  lupa untuk mensyukuri kebesaran Tuhan atas anugerahNya. Dengan bersyukur kita sanggup menghadapi kondisi yang tidak sesuai dengan harapan dan tetap tabah dalam menghadapi kesulitan apapun. Bertingkah laku baik, memiliki pandangan baik terhadap hidupnya, dan tentunya disenangi oleh orang – orang sekitar adalah suatu hal yang patut disyukuri.

Tidak semua hal bisa kita miliki, tapi segalanya bisa kita syukuri. Orang yang pandai bersyukur lebih mudah menerima kenyataan meskipun dalam kondisi terpuruk. Ia akan percaya bahwa di balik musibah pasti ada hikmahnya. Hal tersebut membuktikan sebuah kutipan yang berbunyi “Lihatlah ke Atas agar terinspirasi, lihatlah kebawah agar bersyukur“.

Pendidikan.id merupakan startup yang berfokus untuk memajukan pendidikan Indonesia melalui pengembangan teknologi di era digital. Terdapat banyak karya yang dihasilkan Pendidikan.id seperti sumber dan aplikasi studi online yang menarik dan sangat bermanfaat untuk seluruh pengajar dan pelajar di Indonesia. Salah satu karya edukatif dan menarik, sekaligus mengajarkan anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan moral dan peningkatan rasa bersyukur bisa didapatkan melalui media komik.

 Halaman depan komik literasi ‘Selalu Bersyukur’

Komik dengan judul “Selalu Bersyukur” merupakan salah satu sumber pembelajaran dalam bentuk komik literasi karya Pendidikan.id. Di dalam komik “Selalu Bersyukur” diceritakan tentang seorang anak bernama Donna yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter. Di saat tumbuh dewasa kedua orang tuanya juga turut memberikan dukungan Donna untuk menjadi seorang dokter. 

Namun, karena banyaknya tugas yang harus dijalani, Donna mulai  mengeluh atas pilihannya. Suatu peristiwa yang menyadarkannya adalah saat Donna bertugas di sebuah desa terpencil dan mempertemukannya dengan seorang pasiennya bernama Kiki. Ia merupakan pengidap leukemia yang bercita – cita menjadi seorang dokter. Melalui peristiwa itu, Donna merasa bersyukur dan berjanji untuk tidak mengeluh dan menjalankan tugasnya dengan sepenuh hati.

Melalui cerita yang dipaparkan melalui komik literasi “Selalu Bersyukur”, kita dapat memetik pesan moral bahwa hendaknya kita dapat selalu bersyukur dalam berbagai situasi. Bersyukur adalah pondasi yang kuat untuk kita bertahan hidup. Banyak orang di luar sana yang memiliki kisah hidup yang kurang beruntung. Akan tetapi, mereka tidak lupa untuk mensyukuri semua yang telah mereka miliki. Kita tidak perlu menunggu hingga semuanya sempurna untuk bersyukur, karena kebahagiaan yang sesungguhnya adalah menghargai apa yang kita miliki saat ini. 

Cuplikan isi  komik literasi ‘Selalu Bersyukur’

Info lebih lanjut tentang Kipin, kunjungi:
Website  : https://kipin.id/
Email : [email protected]
WA chat only : https://wa.me/6281233601047

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments